Breaking News:

Citizen Reporter

Mahasiswa di Yaman Diingatkan untuk Waspada Kesehatan

Virus corona yang menjadi pandemi membuat KBRI Muscat mengunjungi beberapa kota untuk memberi sosialisasi kepada mahasiswa dan WNI di Yaman.

Mahasiswa di Yaman Diingatkan untuk Waspada Kesehatan
jkerner dari pixabay
Mencuci tangan hingga bersih dengan cara benar dianjurkan untuk menjaga kebersihan diri.

Kedatangan staf KBRI Muscat ke Mukalla, Yaman, dalam rangka sosialisasi kekonsuleran dan perlindungan WNI disambut gembira oleh WNI termasuk mahasiswa yang ada di Yaman, Minggu (1/3/2020). Sebelumnya, mereka juga mengunjungi kota Tarim. Acara diadakan di aula Ribath Bahrunnur, Mukalla.

Ahmad Ma’ruf selaku pengurus KBRI Muscat menyampaikan beberapa hal yang sangat penting untuk dilaksanakan oleh WNI. Yang pertama, tentang maraknya penyebaran virus corona. Ahmad mengimbau agar berhati-hati dalam segala hal umumnya mengenai kebersihan.

“Apabila ada dari WNI yang menunjukkan gejala batuk, sesak napas atau sulit bernapas, dan demam, langsung melaporkan kepada kami untuk langsung ditangani. Ia akan dikarantina untuk mencegah penyebaran kepada yang lain,” ungkap Ahmad.

Selain itu, disampaikan juga tentang perpanjangan paspor. Setiap WNI harus selalu berhati-hati terhadap masa berlaku paspor.

“Jangan sampai 10 hari sisa berlaku paspor baru diperpanjang. Itu merupakan salah satu kewajiban WNI yang tinggal di luar negeri. Begitu juga dengan visa,” katanya.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan motivasi kewirausahaan yang disampaikan Muhammad Budi Negoro. Ia pengusaha yang diundang dari Indonesia untuk memberikan motivasi kewirausahaan kepada WNI Yaman. Ia menyampaikan cara membuka usaha pribadi maupun kelompok dengan cara sedikit demi sedikit.

“Dibutuhkan inisiatif untuk membuka beberapa usaha yang menghasilkan sehingga kita bisa hidup mandiri di luar negeri, khusunya untuk mahasiswa,” papar Budi.

Acara itu berakhir pada pukul 01.30 dini hari waktuYaman. Acara diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan oleh Ketua Persatuan Pelajar Indonesia Mukalla, Muhammad Rasyid Lailurrahman.

Muhammad Syifa Ulhaq
Alumnus Pesantren Modern Misbahul Ulum Lhokseumawe
Mahasiswa Universitas Al Ahgaff Mukalla, Yaman
syifaulhaq.matang@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved