Berita Banyuwangi

Kredit Usaha Rakyat Tembus Rp 1 Triliun, BRI Apresiasi Kinerja Ekonomi Banyuwangi

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) mengapresiasi pertumbuhan ekonomi Banyuwangi dalam kurun delapan tahun terakhir.

Kredit Usaha Rakyat Tembus Rp 1 Triliun, BRI Apresiasi Kinerja Ekonomi Banyuwangi
Foto Humas Pemkab Banyuwangi
Wakil Pemimpin Wilayah BRI Malang, Rahman Arif saat bertemu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) mengapresiasi pertumbuhan ekonomi Banyuwangi dalam kurun delapan tahun terakhir.

Terlebih, pertumbuhan ekonomi tersebut diiringi dengan tingginya penyerapan dana kredit usaha rakyat (KUR) yang mencerminkan geliat ekonomi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Wakil Pemimpin Wilayah BRI Malang, Rahman Arif, mengatakan saat ini penyerapan KUR di Banyuwangi telah mencapai Rp 1 triliun.

Ini adalah angka yang cukup tinggi untuk ukuran kabupaten.

“Kami baru saja bertemu Bupati Banyuwangi Pak Azwar Anas di Banyuwangi. Saya berterima kasih kepada pemerintah daerah yang telah ikut mendorong penyerapan KUR di Banyuwangi. KUR di Banyuwangi tercatat meningkat 15-25 persen, dan trennya naik terus,” kata Rahman saat dihubungi, Jumat (13/3/2020).

KUR adalah program pemerintah dengan memberi pembiayaan murah tanpa jaminan dengan bunga hanya 6 persen per tahun.

Peningkatan KUR tersebut, kata Rahman, membuktikan ekonomi kecil di Banyuwangi telah tumbuh dengan pesat. UMKM banyak bermunculan.

Hal ini didorong oleh banyaknya inovasi dan beragam agenda festival yang menarik wisatawan berkunjung ke kabupaten tersebut.

Apalagi Bandara Banyuwangi terus menambah frekuensi rute dari Surabaya dan Jakarta secara langsung.

“Upaya-upaya daerah yang trickle down seperti ini memantik tumbuhnya warung-warung rakyat. Karena banyak wisatawan yang datang, akhirnya masyarakat terdorong untuk membikin usaha. Misalnya, membuat warung di tempat-tempat wisata. Nah di sinilah KUR banyak terserap karena dana ini memang diperuntukkan bagi pelaku usaha kecil. Di samping jaminannya mudah, bunganya juga murah,” terang Rahman.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved