Berita Jember

Ketua DPRD Jember : Perkada APBD Rugikan Rakyat Jember

Ketua DPRD Jember, M Itqon Syauqi menegaskan pemakaian Peraturan Kepala Daerah (Perkada) APBD akan merugikan rakyat Jember.

surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Ketua DPRD Jember, M Itqon Syauqi 

SURYA.co.id | JEMBER - Ketua DPRD Jember, M Itqon Syauqi menegaskan pemakaian Peraturan Kepala Daerah (Perkada) APBD akan merugikan rakyat Jember.

"Siapa yang akan jadi korban, tentunya rakyat. Karena jika pakai Perkada maka anggaran yang dipakai tidak bisa lebih dari tahun lalu. Dan pastinya DAK (dana alokasi khusus) fisik tidak bisa diajukan," tegas Itqon menanggapi diusulkannya Raperkada APBD Jember tahun 2020 oleh Pemkab Jember ke Pemprov Jatim, Jumat (13/3/2020).

Itqon menuturkan, jika Pemkab Jember bersikukuh memakai Perkada APBD tahun 2020, maka anggaran yang dipakai tidak boleh lebih dari APBD tahun sebelumnya. Anggaran hanya dipakai untuk pos wajib dan mengikat.

Itqon kembali menegaskan, perihal DAK fisik yang tidak akan bisa diajukan oleh Pemkab Jember ke pemerintah pusat. DAK merupakan dana dari pemerintah pusat, yang antara lain dipakai untuk membangun sejumlah proyek fisik, seperti rehab gedung sekolah.

Itqon meminta jika bisa dibahas bersama, kenapa tidak dibahas oleh dua unsur pemerintahan di Pemda Jember (eksekutif dan legislatif). Apalagi, lanjutnya, Pemprov Jatim akan memfasilitasi kembali Badan Anggaran DPRD Jember dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Jember.

Fasilitasi itu untuk membahas APBD Jember tahun 2020. Meskipun di sisi lain, pihak eksekutif telah mengirimkan Rancangan Perkada APBD Jember tahun 2020 ke Pemprov Jatim untuk mendapatkan persetujuan dari gubernur.

Kabupaten Jember adalah satu-satunya pemerintah daerah di Indonesia yang belum memiliki APBD tahun 2020 hasil kesepakatan eksekutif dan legislatif, hingga Maret 2020 ini. Komunikasi yang buruk dari dua belah pihak membuat pembahasan tidak berjalan secara lancar.

"Ini terjadi karena buruknya komunikasi antara DPRD dan bupati, terus terang saja," tegas Itqon.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved