Citizen Reporter

Gloria Vincentia Riyadi, Raki Jawa Timur yang Peduli Ekowisata

Raka Raki Jatim 2020 memilih duta terbaik untuk mempromosikan pariwisata dan budaya jawa Timur. Gloria Vincentia Riyadi terpilih sebagai Raki 2020.

Gloria Vincentia Riyadi, Raki Jawa Timur yang Peduli Ekowisata
citizen reporter/Salsabila Indana Zulfa
Gloria Vincentia Riyadi, Raki Jawa Timur 2020 dari Universitas Negeri Malang.

Prestasi membanggakan ditorehkan oleh perwakilan Roro Kabupaten Malang, Gloria Vincentia Riyadi. Ia dinobatkan sebagai Raki Jawa Timur 2020 dalam ajang Pemilihan Raka Raki Jawa Timur 2020.

Pemilihan yang diadakan di Pandaan, Pasuruan membuat Glo sapaan akrab mahasiswa Sastra Jerman Universitas Negeri Malang (UM) itu tiada berhenti mengucapkan syukur atas karena terpilih sebagai Raki Jatim 2020, Sabtu (7/3/2020). Mahasiswa semester 6 itu tidak hanya berhasil mengharumkan nama Kabupaten Malang, melainkan juga mengharumkan nama UM.

Penobatan Glo sebagai Raki Jatim 2020 disaksikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Saat itu juga hadir Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara.

Glo yang merupakan Puteri Batik Nusantara 2018 itu mengungkapkan perjuangannya pada saat mengikuti proses pemilihan Raka Raki Jatim 2020. Perjalanan hingga ke babak final penuh suka dan duka.

“Proses persiapan yang sangat penuh tangisan dan darah karena tidak mudah. Kami mendapat mentor-mentor yang membagikan segala teknis yang tidak sedikit,” ungkap mahasiswa kelahiran 1999 itu. Ia tertawa mengingat perjuangannya itu.

Ia mengungkapkan keinginan mulianya yang ingin menyuarakan ekowisata, wisata berkelanjutan dan ramah lingkungan. Ekowisata itu memiliki konsep pengertian sejarah, kriteria atau prinsip tersendiri dibandingkan wisata konvensional.

Tidak hanya itu, Glo juga berpendapat bahwasanya di lingkungan kampus juga harus dibangun kesadaran mengenai ramah lingkungan. Selain menjadi wakil Kabupaten Malang pada pemilihan Raka Raki Jatim 2020, mahasiswa yang pernah menjadi salah satu Duta Ambasador UM itu ingin menjadi ujung tombak untuk menunjang kepariwisataan.

“Selain menjadi wakil Kabupaten Malang, saya ingin langsung menunjang kepariwisataan,” tuturnya.

Bersanding dengan Muhammad Abizar Yusro sebagai Raka Jatim 2020, saat ini Glo bercita-cita untuk dapat menjadi perwakilan Jawa Timur dalam Duta Wisata Indonesia. “Cita-cita saya untuk tahun ini bisa mewakili Jawa Timur dalam Duta Wisata Indonesia,” pungkasnya.

Salsabila Indana Zulfa
Mahasiwa Jurusan Fisika
Universitas Negeri Malang
salsabilazulfa.1703216@students.um.ac.id

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved