Citizen Reporter

Fondasi Awal Calon Pemimpin di Program Vokasi Universitas Brawijaya

Sebelum bergabung dalam organisasi kampus, mahasiswa mendapat training organization. Itu dilakukan BEM Vokasi Universitas Brawijaya.

Fondasi Awal Calon Pemimpin di Program Vokasi Universitas Brawijaya
citizen reporter/BEM Vokasi UB
BEM Vokasi Universitas Brawijaya mengadakan training organization di Batu.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Vokasi Universitas Brawijaya (UB) mengadakan training organization bagi 67 staf ahli yang akan mengabdi selama 1 periode pada Sabtu (29/2/2020) dan Minggu (1/3/2020). Kegiatan itu bertempatkan di Villa Blimbing Songgoriti, Batu.

Training organization ialah pelatihan bagi anggota organisasi. Kegiatan itu dilakukan oleh anggota baru sebuah organisasi dengan tujuan menumbuhkan jiwa-jiwa kepemimpinan yang berkualitas.

Pada hari pertama, para peserta dibekali beberapa materi oleh narasumber dari berbagai fakultas yang ada di Universitas Brawijaya. Drive or passenger merupakan materi pertama yang diberikan oleh M Ulya Akmal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB. Materi itu berkaitan dengan tahap-tahap menjadi seorang pemimpin (drive).

“Sebelum menjadi seorang pemimpin tentunya akan melalui beberapah tahap seperti menjadi anggota atau pengikut (passenger) yang membutuhkan arahan serta pedoman dalam berorganisasi dan bekal untuk menjadi pemimpin,” kata Ulya. Selain itu, ia memberikan materi berkaitan dengan mindset-mindset pemimpin, hal-hal yang harus dimiliki dan dilakukan oleh seorang pemimpin.

Pemimpin yang baik bukan dilihat dari seberapa banyak orang yang menjadi pengikutnya, bukan juga dilihat dari seberapa lama ia memimpin. Pemimpin yang baik dilihat dari seberapa banyak ia mampu menciptakan sosok pemimpin yang baru.

Kepemimpinan menjadi salah satu faktor penting bagi keberhasilan sebuah organisasi. Untuk mencapai keberhasilan kepemimpinan, diperlukan training organization. Itu berguna sebagai jembatan kepemimpinan dan membangun fondasi kepemimpinan yang kuat.

Banyak pemimpin yang tidak memiliki jiwa kepimimpinan sejak lahir, mereka berusaha untuk menumbuhkan jiwa kepemimpan dengan berbagai cara, seperti mengikuti seminar kepemimpinan, berorganisasi, dan mengikuti training organization.

Kedua adalah Public Speaking yang diberikan oleh Muhammad Ardhan Decco dari Pendidikan Vokasi UB. Materi itu membahas cara pemimpin berbicara di depan publik. Berbicara di depan publik tidaklah mudah.

Pemimpin haruslah memiliki kemampuan public speaking yang cukup untuk berbicara di depan publik. Kemampuan itu membantu meminimalkan rasa panik, grogi, dan malu. Untuk mengatasi itu. Ardhan memberikan beberapa materi seperti solusi ketika mengalami kegugupan, konsep dasar, teknik, bentuk, relasi, dan media komunikasi.

Sebagai materi penutup, Irma Istiqamah Muhiddin dari Fakultas Kedokteran Gigi UB memberikan ilmu kepada para peserta mengenai Manajemen Forum. Pada materi ini peserta mendapat wawasan baru mengenai cara mengatur sebuah forum agar berjalan kondusif. Itu termasuk menjalankan tata tertib berlangsungnya sebuah forum serta tata cara pengambilan suara dalam forum.

Setelah mendapatkan materi-materi itu peserta melakukan kegiatan refreshing yaitu pentas seni dari berbagai kelompok yang telah terbentuk. Pentas seni menjadi ajang peserta berkreasi untuk menampilkan yang terbaik.

Jika biasanya tengah malam ada acara mencekam dengan suara bentakan atau menampilkan kengerian, pada pelatihan kali itu sama sekali tidak. Panitia tidak ingin peserta memiliki kenangan tidak menyenangkan saat tengah malam.

Panitia memberikan kenangan yang indah di tengah malam yang sunyi itu. Tengah malam itu staf ahli BEM Vokasi UB dilantik disertai pelepasan lampion harapan yang menjadi kenangan indah bagi para peserta.

Paginya, semua menikmati outbound. Kegiatan itu untuk melatih kekompakan antaranggota. Dengan demikian, mereka dapat bekerja sama dengan baik ketika berada dalam lingkungan organisasi. Setelah mendapat bekal cukup dalam berorganisasi, mereka sehingga dapat menjadi bibit-bibit pemimpin yang berkualitas di masa depan.

Riyadhus Sholihin
Mahasiswa Manajemen Perhotelan Program Pendidikan Vokasi
Universitas Brawijaya
riyadhussholihin27@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved