Breaking News:

Citizen Reporter

Agenda Mahasiswa Universitas Brawijaya, dari Proker Menjadi Teacher

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Vokasi Mahasiswa Universitas Brawijaya membuka pendaftaran tenaga pengajar untuk program Vokasi Mengajar.

Agenda Mahasiswa Universitas Brawijaya, dari Proker Menjadi Teacher
citizen reporter/Sevina Maituton Majazi
BEM Vokasi Mahasiswa Universitas Brawijaya menjalankan program Vokasi Mengajar.

Mahasiswa bahkan memiliki peran dan fungsinya sendiri di kalangan masyarakat dan mengimplementasikannya dalam kehidupan bermasyarakat. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Vokasi Universitas Brawijaya (UB) Malang membawahi Kementerian Advokasi dan Sosial Masyarakat (Advososma) bekerja sama dalam mengembangkan fungsi mahasiswa dan mewujudkan pengabdian kepada masyarakat melalui program kerja (proker) yang diberi nama Vokasi Mengajar (VM).

Menteri Advososma BEM Vokasi UB 2020, Ila Alfain, mengatakan, proker itu merupakan wujud pengabdian. “Jadi VM ini proker tahunan yang memang sengaja dibuat untuk mengajak para mahasiswa Vokasi UB berkontribusi bersama dalam mengabdi kepada masyarakat. Sesuai namanya, bentuk pengabdian kami nanti adalah dengan menjadi pengajar,” katanya di Malang, Senin (9/3/2020).

Ila menambahkan, sistem rekrutmen panitia VM adalah dengan wawancara yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa Vokasi UB. Sistemnya dengan membuka rekrutmen untuk seluruh mahasiswa Vokasi UB. Ia berharap semuanya berkontribusi dalam mengabdi kepada masyarakat.

“Tidak adil rasanya kalau panitia/pengajar VM hanya dari anggota Advososma,” katanya.

Proker VM tahun ini diselenggarakan pada akhir tahun 2020 selama tiga bulan. Itu berlangsung dua minggu sekali ketika Sabtu. Lokasinya di SD yang terletak di desa tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

“Objek kami fokuskan pada siswa SD di desa 3T Kabupaten Malang karena selain pelajarannya yang masih basic kondisi SD di desa itu memang memprihatinkan karena fasilitasnya kurang, SDM minim, padahal semua dasar ilmu ada di SD,” terang Ila.

Ia berharap tahun ini akan banyak pengajar VM. Jika kontribusi mahasiswa banyak, tentu warga dan siswa di SD yang dituju semakin bersemangat.

Sevina Maituton Majazi
Mahasiswa Vokasi
Universitas Brawijaya Malang
sevina17052001@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved