Sambang Kampung

Warga RT 3 RW 10 Tambakrejo Surabaya Giatkan Kampung Sehat

Mencetak generasi yang sehat serta warga yang melek terhadap pentingnya kesehatan menjadi prioritas warga RT 3 RW 10 Kelurahan Tambakrejo Surabaya.

surabaya.tribunnews.com/sugiharto
Sosialisasi pijat oksitosin yang dilakukan warga RT 3 RW 10 Tambakrejo. Pemijatan ini dilakukan untuk melancarkan produksi air susu ibu (ASI). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Mencetak generasi yang sehat serta warga yang melek terhadap pentingnya kesehatan menjadi prioritas warga RT 3 RW 10 Kelurahan Tambakrejo Surabaya.

Label 'Kampung Sehat Berseri' pun tersemat pada kampung yang berada di Kecamatan Simokerto ini.

Warga pun aktif dalam berbagai kegiatan di Posyandu Latulip I (meliputi RT 1 sampai RT 3) Programnya melingkupi seluruh kalangan, mulai dari bayi, balita, anak-anak, remaja, ibu hamil, sampai lansia.

Salah satunya yakni giat sosialisasi pijat oksitosin kepada ibu menyusui dan suami atau keluarga. Pemijatan ini dilakukan untuk melancarkan air susu ibu (ASI).

"Harapannya semua ibu menyusui bisa memberikan asi ekslusif kepada bayi, tidak lagi diberi susu formula," ungkap Ririn Sukmiati, kader posyandu RT 3 RW 10 Kelurahan Tambakrejo.

ASI, lanjutnya, sangat penting untuk bayi sampai usia dua tahun. Seribu hari pertama merupakan masa emas.

"Susu formula tidak bisa sebaik ASI. Memang bayi yang diberi susu formula terlihat lebih gemuk, tapi tidak sesehat kalau minum ASI," katanya.

Selain program untuk ibu menyusui, posyandu juga menggalakkan program lainnya seperti aktif sosialisasi kesehatan reproduksi kepada remaja kampung.

"Bahkan, di sini punya dua perwakilan kader reproduksi dari remaja yang ikut mewakili kecamatan," ungkap Lena Rini Melati, Faskel Tambakrejo.

Program lain seperti program menabung yang dilakukan oleh para ibu hamil. Tabungan tersebut, lanjut Ririn, bisa digunakan sebagai tambahan biaya melahirkan.

"Ada juga dana sehat semacam himpitan. Dana ini digunakan untuk santunan, misalnya kalau ada balita yang masuk rumah sakit," pungkasnya.

Tak hanya itu, warga juga aktif dalam program kesehatan anak berkebutuhan khusus (ABK) dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Termasuk program untuk lansia seperti senam bersama.

Tak ayal berbagai penghargaan disabet oleh posyandu tersebut, di antaranya juara 3 Smart and Healthy Kota Surabaya 2017, juara 1 Kader Posyandu Tauladan 2018, dan juara 2 Kader Posyandu Tauladan 2019.

"Posyandu di sini memang aktif. Selain membuat lebih guyub, kegiatannya bisa memonitor kondisi kesehatan warga. Untuk yang hamil, akan didampingi sampai melahirkan," ungkap Jusinarno, ketua RW 10 Kelurahan Tambakrejo.

Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved