Breaking News:

Unikama

Kampus Multikultural, Unikama Malang Ajak Mahasiswanya Memahami Nilai Kebangsaan Melalui Pancasila

Dalam rangka memasyarakatkan nilai-nilai Pancasila kepada mahasiswanya, Unikama menggelar kegiatan dialog lintas agama

SURYA.co.id/Rifky Edgar
Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar kegiatan dialog lintas agama yang berlangsung pada Rabu (11/3/2020). 

Laporan Reporter, Rifky Edgar

SURYA.co.id | MALANG -
Dalam rangka memasyarakatkan nilai-nilai Pancasila kepada mahasiswanya, Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar kegiatan dialog lintas agama yang berlangsung pada Rabu (11/3/2020).

Dialog tersebut diikuti oleh ratusan mahasiswa dan para dosen baik dari Unikama dan sejumlah kampus lain di Kota Malang.

Hadir tiga tokoh agama dalam kegiatan yang dihelat sejak pagi hari itu. Di antaranya Gus Dhofir Zuhry, I Ketut Sudiartha dan Andri Gulthom.

Mereka menyampaikan materi yang berkaitan dengan harmonisasi dalam beragama, serta dalam menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.

"Acara ini kami gelar karena kami sadar, bahwa mahasiswa yang nantinya keluar dari Unikama tidak hanya mengetahui tentang ilmu pengetahuan saja. Tapi juga sikap kewarganegaraan sebagai bangsa Indonesia," ucap I Wayan Legawa Kepala pusat studi Pancasila dan Multikultural Unikama.

Pembelajaran mengenai nilai-nilai Pancasila dirasakan oleh Wayan merupakan hal penting untuk dipelajari oleh para mahasiswa.

Agar nantinya mereka bisa mengajarkan nilai-nilai Pancasila ini kepada masyarakat ketika lulus dari masa studinya selama dibangku perkuliahan.

Wayan menyampaikan, bahwa Unikama merupakan lembaga yang peduli dengan kebersamaan dan harmonisasi.

Untuk itu, makna kampus multikultural ini tidak hanya menjadi semboyan saja, akan tetapi juga menjadi sebuah action yang nyata di dalam kehidupan bermasyarakat.

"Kita harus mengenalkan Indonesia. Salah satu caranya melalui forum akademik ini, agara ideologi pancasila ini bisa dipahami oleh mahasiswa ketika mereka keluar nanti," ucapnya.

Halaman
123
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved