Sosok

Hindari Penyebaran Covid-19, Rucita Permatasari Terapkan Cek Suhu Tubuh Setiap Tamu yang Datang

Wabah coronavirus tak hanya berpengaruh pada dunia kesehatan saja, melainkan lebih dari itu juga pada kedatangan wisatawan ke Indonesia.

SURYA.co.id/Ahmad Zaimul Haq
Rucita Permatasari 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dampak virus corona (Covid-19) turut dirasakan oleh CEO Amithya Hotel Indonesia, Rucita Permatasasi.

Wanita kelahiran Surabaya pada 24 Oktober 1990 ini mengaku  mengalami penurunan okupansi hotel mencapai 20 persen di jaringan Aminthya Hotel yang tersebar di Jawa Timur, Madura hingga Papua itu.

Menurutnya Rucita, wabah coronavirus yang menjadi endemi global ini mau tidak mau tak hanya berpengaruh pada dunia kesehatan saja, melainkan lebih dari itu juga pada kedatangan wisatawan ke Indonesia. Termasuk berpengaruh pada penurunan kedatangan tamu di hotelnya.

“Iya, tentu ada pengaruhnya. Kalau kami amati ada penurunan okupansi mencapai 20 persen. Karena ada penurunan wisatawan juga yang datang ke Indonesia,” kaya Rucita, pada Surya, Rabu (11/3/2020).

Meski begitu, alumnus Universitas Ciputra ini mengatakan bahwa pihaknya optimistis bahwa wabah ini akan bisa diatasi oleh ahli di bidang kesehatan dengan membuat vaksin yang ampuh menangani corona. 

Karena itu, sejak coronavirus menjadi wabah termasuk di Indonesia, Rucita menerapkan sistem baru pada jaringan Amithya Hotel Indonesia. Setiap tamu yang datang dan masuk ke jaringan hotelnya, diterapkan cek khusus, yaitu dengan cek suhu tubuh dan juga dianjurkan untuk membersihkan tangan dengan penyanitasi tangan atau hand sanitizer.

Para petugas standby setiap waktu di depan pintu-pintu masuk gedung hotel untuk menembakkan pengukur suhu tubuh ke kening setiap tamu, dan kemudian diberikan hand sanitizers.

Dengan upaya tersebut, harapannya para tamu juga akan merasa secure atau aman, dan juga terhindar dari penularan virus corona.

“Kami memberikan tes suhu tubuh dan juga memberikan hand sanitizers pada setiap orang yang masuk ke hotel kami. Agar kita juga memberikan ketenangan ke setiap pengunjung bahwa kami peduli untuk turut menghindari penyebaran virus corona,” tegas Rucita.

Ia sendiri juga mengatakan bahwa covid-19 tak selayaknya membuat masyarakat kemudian menjadi ketakutan dan enggan untuk bepergian. Menurutnya sebagaimana yang banyak ditegaskan oleh pemerintah, corona virus dapat dicegah penularannya dengan menerapkan hidup bersih dan mengkonsumsi makanan makanan sehat. 

“Cara termudah adalah dengan mencuci tangan, dan menjaga kebersihan. Lalu jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan-makanan sehat,”tegas Rucita.

Terkait penurunan okupansi hotel yang menurun, Rucita mengaku kini jaringan Amithya Hotel mengandalkan kedatangan wisata dari dalam negeri.

Menurutnya, wisatawan atau tamu dari dalam negeri masih menjadi captive market yang bisa diandalkan di tengah mewabahnya covid-19.

Pihaknya juga akan terus meningkatkan layanan di jaringan hotelnya sehingga tamu akan merasa nyaman untuk datang kembali ke jaringan Amithya Hotel Indonesia.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved