Berita Trenggalek

Dugaan Kasus Korupsi Dua Pejabat PN Trenggalek, Kejaksaan Geledah Tiga Ruangan

Kejaksaan Negeri Trenggalek menggeledah Kantor Pengadilan Negeri (PN) Trenggalek di Jalan Dewi Sartika No 1, Rabu (11/3/2020).

SURYA.co.id/Aflahul Abidin
Penyidik Kejaksaan Negeri Trenggalek menggeledah salah satu ruangan di PN Trenggalek terkait kasus korupsi, Rabu (11/3/2020). Dua tersangka turut hadir dalam penggeledahan. 

SURYA.co.id | TRENGGALEK - Kejaksaan Negeri Trenggalek menggeledah Kantor Pengadilan Negeri (PN) Trenggalek di Jalan Dewi Sartika No 1, Rabu (11/3/2020).

Penggeledahan ini terkait kasus korupsi dua pos anggaran PN tahun sebelumnya, yakni pemeliharaan gedung dan bangunan serta pemalsuan tanda tangan data perjanjian kerja sama antara PN dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Rakyat Trenggalek.

Setidaknya, empat ruangan digeladah dalam proses itu. Penyidik kejaksaan terlihat masuk ke Ruang Arsip I, ruang Sekretaris, dan ruang Kesubbag Umum dan Keuangan.

Proses penggeledahan berlangsung sekitar sejam mulai 15.30 WIB.

Kedua tersangka, yakni Sekretaris PN Trenggalek, Chrisna Nur Setyawan dan Kasubag Umum dan Keuangan PN Trenggalek, Riawan turut mengikuti proses penggeledahan.

"Kami melakukan penggeledahan di Pengadilan Negeri Trenggalek untuk melengkapi dokumen dan alat bukti surat yang kami perlukan," kata Kajari Trenggalek, Lulus Mustofa.

Penyidik mengamankan beberapa berkas. Lulus bilang, berkas itu antara lain dokumen perjanjian kerja dan dokumen untuk proses pencairan dana yang tanda tangannya dipalsukan.

"Insya Allah ketemu semua (berkasnya) untuk memperkuat pembuktian kami," sambung Lulus.

Dalam kasus itu, terang Lulus, dua tersangka diduga memalsukan tanda tangan tujuh orang untuk memuluskan aksinya. Salah satunya, tanda tangan Ketua PN Trenggalek.

Nilai anggaran yang sekaligus kerugian negara dari kasus tersebut ditaksir sekitar Rp 100 juta.

Menurut hasil penyelidikan Kejaksaan, uang itu dipakai untuk menutup anggaran tahun sebelumnya dengan nilai yang sama.

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved