Berita Madiun

YKI Kota Madiun Lakukan Ha ini untuk Mencegah Penyebaran Kanker Serviks

Kepada pengurus YKI Kota Madiun yang baru dilantik, walikota berpesan agar meningkatkan sikap proaktif.

foto: kominfo kota madiun untuk surya.co.id
Pengukuhan pengurus YKI Cabang Kota Madiun dihadiri Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Emil Elestianto Dardak, Selasa (10/3/2020) siang. 

SURYA.co.id|MADIUN - Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Emil Elestianto Dardak, menyebut perkembangan penyakit kronis dan penyakit tidak menular di Jatim semakin pesat, satu di antaranya kanker.

Oleh karena itu, keberadaan para kader atau relawan paliatif baik di rumah sakit dengan kompetensi medis ataupun kader seperti PKK sangat berguna dalam memberi pendampingan bagi penderita kanker. 

Menurut Arumi, ancaman kanker di Indonesia semakin meningkat seiring perubahan pola hidup masyarakat.

Berdasarkan data dari organisasi penanggulangan kanker dunia dan badan kesehatan dunia, diperkirakan terjadi peningkatan kejadian kanker sebesar 300 persen pada 2030. 

"Mayoritas terjadi di negara-negara berkembang seperti Indonesia," kata istri Wakil Gubernur Jawa Timur ini, saat menghadiri pengukuhan pengurus YKI Cabang Kota Madiun, Selasa (10/3/2020) di Wisma Haji. 

Kanker Serviks, sebut Arumi, merupakan kanker keempat paling sering di derita kaum wanita dengan perkiraan 570.000 kasus pada 2018. Ironisnya, dari 6,6 persen dari semua kanker di dominasi kaum wanita.

Arumi menuturkan, kanker merupakan masalah komplek dan merupakan masalah bersama. Penyakit ini telah menyatukan seluruh masyarakat untuk saling membantu dalam satu gerakan melawan kanker. 

"Lewat PKK maupun YKI mari kita saling berempati, saling memotivasi dan berperan aktif serta partisipatif. Kepada masyarakat, jangan segan-segan memeriksakan kesehatan sejak dini agar kanker tidak menjangkiti keluarga tercinta kita," jelasnya. 

Sementara itu, Walikota Madiun Maidi berkomitmen ikut terlibat aktif dalam pencegahan penyakit kanker di Madiun. Pemkot Madiun melalui BPJS Ketenagakerjaan akan mengambil langkah efektif membantu masyarakat kurang mampu yang terindikasi kanker. 

Di antaranya melalui sinergi program antara BPJS ketenagakerjaan dan YKI Cabang Kota Madiun. Harapannya, penderita kanker bisa terdeteksi sejak dini. 

Halaman
12
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved