Berita Magetan

Polres Magetan Luncurkan Program 'RTIS', Kendaraan kembali ke Pemilik Diantar Gratis

Suparti menerima kendaraannya kembali setelah dijadikan barang bukti (BB) kecelakaan lalu lintas yang menewaskan suaminya, Sadikin.

surya.co.id/doni prasetyo
Suparti menerima kendaraannya kembali setelah dijadikan barang bukti (BB) kecelakaan lalu lintas yang menewaskan suaminya, Sadikin. 

SURYA.co.id | MAGETAN - Program Antar Barang Bukti Gratis (ARTIS) ini, se-Indonesia mungkin hanya dilakukan Polisi Lalu Lintas (Polantas) Resor Magetan.

Program ini dilakukan setelah menumpuknya barang bukti (BB), terutama kendaraan bermotor roda dua (R2) yang tidak terurus di halaman parkir Polres Magetan.

"Dibiarkan trus kena hujan panas, kendaraan barang bukti kalau terus di sini akan rusak. Karena itu kami berniat mengantar barang bukti yang sudah selesai proses hukumnya," kata Kapolres Magetan AKBP Festo Ari Permana didampingi Kasat Lantas AKP Ega Prayudi, Selasa (10/3).

Menurut Kapolres, program ARTIS ini sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu dengan dimulainya pelancakan identitas kendaraan roda dua (R2) yang terlibat kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas).

"Barang bukti kendaraan R2 mendominasi. Dan pemiliknya masih di wilayah Kabupaten Magetan, sehingga masih terjangkau bila kita mengantarkan BB ini satu per satu," kata Kapolres Festo.

Saat ini BB kendaraan R2 total 107 unit. Kondisi kendaraan R2 itu hampir seluruhnya tidak utuh. Bahkan ada yang kondisinya remuk, ada yang patah menjadi empat bagian.

"Bagaimana pun kondisi kendaraan R2 itu tetap kita antarkan. Mungkin masih bisa berguna, bisa diperbaiki, atau dijual, semua terserah pemilik,"kata Festo Ari Permana.

Syaratnya, lanjut Festo, untuk mengambil kendaraan barang bukti selain identitas diri, dokumen kendaraan yang sah.

Kalau kerepotan mengambil barang bukti ini, Polisi siap mengantar sampai rumah tanpa dipungut biaya.

"Masyarakat perlu tahu, mengambil kendaraan BB Laka Lantas tidak ada biaya, alias gratis. Kalau pemilik kendaraan BB kerepotan membawa pulang, kami siap antar sampai rumah,"ujar AKBP Festo Ari Permana.

Halaman
12
Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved