Samang Kampung

Warga RT 4 RW 10 Kelurahan Gundih, Kecamatan Bubutan, Surabaya Rutin Buat Produk Unggulan

Warga kampung RT 4 RW 10 Kelurahan Gundih, Kecamatan Bubutan untuk terus memproduksi produk kerajinan tangan dan kompos hasil pengolahan lingkungan.

surya.co.id/ahmad zaimul haq
PRODUK UNGGULAN - Warga RT 4 RW 10 Kelurahan Gundih, Kecamatan Bubutan memamerkan produk unggulan hasil pengolahan lingkungan diantaranya produk kerajinan tangan dan juga kompos hasil pengolahan lingkungan dan budi daya ikan dalam lele. 

SURYA. CO. ID | SURABAYA - Memiliki produk unggulan menjadi kebanggaan bagi warga kampung di Surabaya. Apalagi jika produk itu berasal dari produk inovasi warga yang kemudian diminati orang luar kampung. 

Hal ini yang mendorong warga kampung RT 4 RW 10 Kelurahan Gundih,  Kecamatan Bubutan untuk terus memproduksi produk kerajinan tangan dan juga kompos hasil pengolahan lingkungan. 

Kader Lingkungan,  Liswati mengungkapkan warga membuat komposter, yang hasilnya kompos siap pakai. Untuk menjaga kualitas kompos,  warga hanya memilih sampah dari sayur atau buah sisa.

 Sehingga saat kompos jadi dan dijemur sebelum pengemasan tidak mengeluarkan bau tidak sedap.

"Kami tidak masukkan makanan sisa,  jadinya saat sudah jadi baunya tidak terlalu mengganggu meskipun dijemur di depan rumah,"paparnya.

Dalam satu RT ada enam komposter, yang kemudian tiap tiga bulan sekali panen dan dikemas plastik 1 kg.

"Dijual Rp 2.000. Sebelumnya juga dibagikan untuk warga yang mau, jadi seminim mungkin kami menanam tanpa modal juga,"urainya.

Tak hanya kader lingkungan ataupun ibu-ibu, bapak-bapak juga ikut terlibat dalam pembuatan komposter.

"Dibantuin  bapak-bapak buat mengaduk dan memanennya.  Kalau ibu-ibu ngumpulin sampah dan mengemas pupuknya,"urainya.

Selain itu, warga juga aktif membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang dikumpulkan dari bank sampah. Mulai dari sedotan, tutup galon, karung goni diubah warga menjadi produk siap jual. 

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved