Berita Situbondo

Alasan Desa-desa di Situbondo Diminta Tidak asal Membentuk Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes)

Kepala Desa di Kabupaten Situbondo diminta tidak asal membentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

surya.co.id/izi hartono
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Situbondo Lutfi Joko P. 

SURYA.co.id | SITUBONDO - Kepala Desa di Kabupaten Situbondo diminta tidak asal membentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Pembentukan Bumdes harus disesuiakan kondisi dan potensi yang ada di desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Situbondo, Lutfi Joko P mengatakan, pembentukan Bumdes jangan dipaksakan dibentuk, akan tetapi disesuiakan dengan kebutuhan dan kepentingan dari desa tersebut.

"Usaha yang dibentuk jangan sampai meniru, karena meniru usaha itu tidak baik. Sebab itu nantinya tidak akan sesuai dengan potensi potensi yang ada di masing-masing desa," ujar Lutfi, Senin (9/3/2020).

Bumdes dibentuk dengan waktu selama tiga tahun, maka kata Lutfi, pihaknya meminta jangan sampai ada rasa sentimin dan iri ketika program Bumdes itu tidak berjalan dengan baik.

"Baru setelah waktunya habis kades boleh menggantinya, saya kira itu langkah yang tepat agar Bumdes berjalan dengan baik," katanya.

Kantan Kadis Sosial ini menjelaskan, pihaknya telah mengumpulkan sejumlah Bumdes dalam rangka kerja sama dengan pihak PT Pos yang ada di Kabupaten Situbondo.

Salah satu bentuk kerja sama itu dengan tujuan melaksanakan program program pemberdayaan atau pun yang berkaitan dengan usaha usaha Bumdes.

"Baik itu dijual dengan online atau dijual secara langsung bisa berkomunikasi dengan pihak PT Pos untuk proses pengirimannya," jelasnya.

Selian itu, kata Lutfi, pihaknya berharap PT Pos agar memberikan bantuan atau memikirkan pemodalan, karena bagaimanapun yang berkaitan dengan Bumdes sangat potensi dalam rangka mengembangkannya.

Tak hanya itu, lanjut Lutfi, pihaknya juga akan mengunduh program-program yang ada di pusat dengan dibantu komisi I DPRD Situbondo.

"Ada sepuluh Bumdes yang akan mendapatkan bantuan hibah berupa dana untuk kegiatan usaha ekonomi produktif," kata Lutfi.

Dengan Bumdes ini, pihaknya akan membenahi struktur organisasi Bumdes yang mengacu pada Permendes yang baru, sehingga struktur Bumdes itu dan komisariat bukan dijabat Kepala Desa.

"Kita akan membentuk paguyuban Bumdes untuk membuka jalan dalam memfasilitasi Bumdes yang ada di Kabupaten Situbondo. Bagi desa yang belum membentuk Bumdes, segera membentuknya," pungkasnya. 

Penulis: Izi Hartono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved