Berita Trenggalek

Keunikan saat Bupati Trenggalek Ngunduh Mantu, Kakek-Nenek Resepsian Nikah di Pendopo

Seluruh rangkaian acara tersebut termasuk dalam even Bupati Trenggalek Ngunduh Mantu.

aflahul abidin/surya
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin saat membawa dua mempelai usia lanjut dalam resepsi even Bupati Ngunduh Mantu, Minggu (8/3/2020). 

SURYA.co.id | TRENGGALEK - Raut wajah Rohmat dan Paniyem tampak sumringah, serta malu-malu. Mengenakan busana pernikahan adat jawa, mempelai yang usianya lebih dari setengah abad itu mengikuti acara resepsian di Pendopo Kabupaten Trenggalek, Minggu (8/3/2020).

Resepsi pasangan tersebut mewakili 200-an pasangan kakek-nenek lain yang turut hadir. Mereka adalah pasangan yang sudah lama menikah, tapi baru saja dapat surat nikah.

Sebelumnya, pernikahan mereka tak tercatat karena kesalahan administrasi. Di Kabupaten Trenggalek, kasus seperti ini banyak terjadi di Kecamatan Dongko. Rentang tahun pernikahannya antara 1970 hingga 1980.

Rohmat dan Paniyem sudah menikah puluhan tahun lalu, tapi resepsi itu tetap membuat mereka grogi.

Tampak, mereka beberapa kali salah tingkah saat hendak mengikuti rangkaian prosesi, seperti cuci kaki, injak telur, dan lain sebagainya.

Sebelum mengikuti resepsi, Rohmat dan Paniyem mengikuti sidang isbat di aula Kecamatan Dongko. Sidang terpadu itu digelar 26-27 Februari lalu.

Seluruh rangkaian acara tersebut termasuk dalam even Bupati Ngunduh Mantu.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menjelaskan, Bupati Ngunduh Mantu adalah salah satu cara pemerintah memberi layanan dasar bagi warganya.

"Mereka yang sudah menikah berpuluh-puluh tahun, tapi belum tercatat. Mulai hari ini, mereka punya hak-hak dasar kependudukan," kata pria yang akrab disapa Mas Ipin itu.

Tak cuma surat nikah, para mempelai yang kebanyakan sudah bercucu itu juga mendapat akta kelahiran anak dan dokumen kependudukan lain.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved