Pilwali Surabaya 2020

Gus Hans dan PKS Berpeluang Membentuk Poros Ketiga di Pilwali Surabaya 2020

Selepas pertemuan dengan PKS, Rabu (4/3/2020) malam, Gus Hans semakin yakin untuk membangun poros ketiga di pilkada Surabaya.

Gus Hans dan PKS Berpeluang Membentuk Poros Ketiga di Pilwali Surabaya 2020
surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Bakal Calon Wali Kota Surabaya, KH Zahrul Azhar Asumta As'ad (kanan) bertemu Ketua DPD PKS Surabaya, Akhmad Suyanto di Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bakal Calon Walikota Surabaya, KH Zahrul Azhar Asumta As'ad  atau Gus Hans masih cukup optimistis pihaknya memiliki cukup kursi untuk maju di Pilkada Surabaya.

Selepas pertemuan dengan PKS, Rabu (4/3/2020) malam, Gus Hans semakin yakin untuk membangun poros ketiga di pilkada Surabaya.

"Jadi, kemungkinan ada poros baru yang dibangun di partai. Namun, itu bukan ranah saya untuk berbicara itu. PKS hanya mencari kepantasan," kata Gus Hans kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi dj Surabaya.

Selain itu, pihaknya juga cukup terbuka untuk menggandeng kader internal dari PKS. "Ini nanti kita lihat. Itu bagian dari pembahasan," terangnya.

Prinsipnya, pihaknya meyakini bahwa pertemuan ini akan ditindaklanjuti oleh partai. "Pertemuan ini menjelaskan bahwa tidak menutup kemungkinan akan ada poros baru," tegas pria yang juga menjabat Wakil Ketua DPD Golkar Jatim ini.

Saat ini, poros koalisi di pilkada Surabaya memang telah mengerucut. Bakal Calon Walikota Surabaya, Machfud Arifin, telah menerima dukungan dari enam partai politik dengan jumlah kursi mencapai 21 kursi.

Di luar itu, PDI Perjuangan yang memiliki 15 kursi kemungkinan akan mengusung calon sendiri. Berkaca dari dua pilkada sebelumnya, PDI Perjuangan langganan jadi pemenang di Kota Pahlawan sekalipun tanpa rekan koalisi.

Di luar dua poros ini, masih ada PKS, Golkar, dan PSI yang masih belum menentukan pilihan. Dengan adanya komunikasi tersebut, maka peluang PKS untuk membangun koalisi bersama Golkar di Pilkada Surabaya pun cukup terbuka. Apalagi, jumlah koalisi kedua partai ini telah mencukupi syarat minimal pencalonan di KPU (10 kursi DPRD Surabaya).

Untuk diketahui, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membangun komunikasi politik dengan bakal calon Wali Kota Surabaya, KH Zahrul Azhar Asumta As'ad, Rabu (4/3/2020) malam. DPD PKS Surabaya membuka kemungkinan untuk mengusung pria yang akrab disapa Gus Hans ini sebagai calon wali kota yang akan diusung.

Ketua DPD PKS Surabaya, Akhmad Suyanto, menyebut komunikasi ini bagian dari instruksi partai. "Kami ditugasi Pengurus (DPW PKS) Jawa Timur untuk mengomunikasikan calon internal kami dengan calob di luar partai kami," kata Suyanto kepada Surya.co.id (Kamis, 5/3/2020).

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved