Berita Batu

Dispendukcapil Layani Masyarakat Terpencil dengan Mosgun

Mosgun fungsinya untuk memberikan prlayanan Dispendukcapil yang lokasinya sulit dijangkau roda empat. Kami anggap secara umum reaksi cepat

Dispendukcapil Layani Masyarakat Terpencil dengan Mosgun
surya/BENNI INDO
Petugas Dispendukcapil Pemkot Batu bersama Motor Serba Guna (Mosgun) siap melayani masyarakat yang membutuhkan, Rabu (4/3/2020). Layanan ini diberikan khusus kepada masyarakat yang lokasinya terpencil, difabel dan lansia. 

SURYA.CO.ID l BATU – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batu menghadirkan Motor Serba Guna atau disingkat Mosgun. Motor ini bagian dari inovasi yang dilakukan Dispendukcapil agar pelayanan kepada masyarakat lebih efektif.

Sekretaris Dispendukcapil Kota Batu, Kamim Utomo, menjelaskan Mosgun berfungsi untuk menjangkau daerah yang terpencil dan sulit ditembus mobil. Kehadiran Mosgun sejak awal tahun ini sudah mulai bisa dirasakan masyarakat, terutama yang daerahnya sulit akses jalan. “Mosgun fungsinya untuk memberikan prlayanan Dispendukcapil yang lokasinya sulit dijangkau roda empat. Kami anggap secara umum reaksi cepat,” kata Kamim (Rabu (4/3/2020). 

Mosgun hadir ketika ada permintaan warga. Tentu saja hal ini berbeda dengan mobil pelayanan yang selama ini beroperasi. Mobil operasional milik Dispendukcapil hanya beroperasi di kantor desa setempat. Warga harus datang ke kantor desa jika ingin mengurus administrasi kependudukan. Sedangkan Mosgun bisa langsung datang ke lokasi atau rumah orang yang ingin mengurus administrasi kependudukan.

Layanan apapun bisa diurus melalui Mosgun. Namun saat ini banyak masyarakat memanfaatkan Mosgun untuk mengurus pembuatan KTP. “Ya cepat selesai. Hari itu juga jadi KTPnya. Nah itu akan lebih mendekatkan rumah yang sulit terjangkau roda empat. Motor ini, memberikan layanan penuh mulai dari perekaman sampai cetak dan langsung jadi,” ungkap Imam.

Semua dokumen bisa dilayani. Mosgun ini memprioritaskan warga yang sulit mobile seperti lansia dan difabel. Selain itu, Mosgun juga menjadi alternatif untuk menembus kemacetan. Namun kendaraan ini masih ada satu unit. Keterbatasan anggaran yang menjadi penyebabnya.

Dalam PAK tahun ini, direncanakan akan ditambah dua unit lagi sehingga tiga kecamatan yang ada di Kota Batu akan memiliki satu unit Mosgun. Mosgun adalah sepeda motor jenis N-Max yang dimodifikasi. Ada tiga kotak di belakang motor yang dapat membawa perlatan cetak serta dokumen administrasi kependudukan.

Setiap hari, Dispendukcapil melayani penduduk yang mengurus surat administrasi kependudukan seperti akta kelahiran, surat kematian, pindah alamat, pembuatan KTP dan sebagainya. "Kami berharap keberadaan Mosgun bisa memudahkan masyarakat mengurus administrasi kependudukan. Administrasi kependudukan sangat penting bagi masyarakat," tutup Kamim.

Hari Kamis Khusus Layani Lansia dan Difabel

Bagian Administrator Iwan Rusmawan, yang mengemudikan Mosgun, menerangkan sejauh ini pihaknya sudah melayani sejumlah masyarakat di Desa Blukerto, Bumiaji dan Giripirno, Punten dan Pandanrejo. Mosgun sangat efektif menjangaku daerah yang jauh dari akses jalan raya. "Ini kan biasanya untuk daerah dalam yang tidak bisa dipakai mobil, jadi kami mendampingi mobil juga," katanya.

Selain berangkat saat ada permintaan, Mosgun rutin beroperasi pada Kamis. Di hari keempat setiap pekan itu, Mosgun melayani masyarakat difabel dan lansia. "Difabel, lansia dan anak-anak yang kami utamakan di hari keempat. Tapi juga tergantung dari permintaan desa. Kalau tidak ada permintaan, kami tetap akan siaga," ujarnya.

Mosgun beroperasi mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Jika ada permintaan warga, Mosgun bisa beroperasi di luar jam tersebut. Sejauh pengalaman Iwan yang mengoperasikan Mosgun, kendaraan tersebut sangat mudah dibawa dan mengakses jalanan menanjak. "Kalau selama ini sebenarnya tidak repot. Simple saja membawanya ke rumah yang tidak bisa dijangkau kendaraan," terangnya.

Penulis: Benni Indo
Editor: Anas Miftakhudin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved