Sambang Kampung

Melihat Kebun Hidroponik di Kedung Klinter Gang 4 RT 4 RW 3 Kelurahan Kedungdoro Surabaya

Minimnya lahan bukan halangan untuk berkebun. Inilah yang ingin disampaikan Syamsudin Ariffianto, ketua RT 4 RW 3 Kedung Klinter Kedungdoro Surabaya.

surya.co.id/sugiharto
Ketua RT merawat tanaman hidroponik di pekarangannya di kawasan Kedung Klinter Surabaya. 

SURYA.co.id | SURYA - Minimnya lahan bukan halangan untuk berkebun. Inilah yang ingin disampaikan Syamsudin Ariffianto, ketua RT 4 RW 3 Kedung Klinter gang 4 Kelurahan Kedungdoro, kepada warganya.

"Di kampung kan lahan untuk bertanam sempit, jadi saya merintis kebun hidroponik yang memakan sedikit tempat," ungkap Ariffianto ditemui di kampungnya, Rabu (4/3/2020).

Terdapat dua jenis tanaman yang ia budidayakan, yakni sawi dan selada. Menurutnya, keduanya telah familiar dan banyak digemari sehingga akan lebih mudah jika nanti dijual.

"Saya ingin RT 4 RW 3 menjadi kampung mandiri. Ada nilai ekonomis yang bisa dikembangkan, salah satunya melalui hidroponik ini," ia melanjutkan.

Ke depan, ia ingin kampung mengembangkan pertanian modern. Hidroponik, imbuhnya, sebagai jawaban atas lahan yang semakin sempit.

"Lebih jauh lagi, saya terpikir untuk membentuk kelompok tani. Tapi itu masih agak jauh langkahnya," Ariffianto menguraikan.

Dalam menjalankan aktivitas berkebun hidroponik, ia menemukan beberapa kesulitan, seperti masalah cahaya dan nutrisi.

"Untuk mengatasinya, saya menempatkan di ruang terbuka dan melindungi menggunakan plastik UV. Pada hidroponik dengan kontruksi vertikal, nutrisi yang disalurkan kurang rata. Akhirnya saya mengakalinya dengan menyemprotkannya secara manual," ia mengatakan.

Ia memprediksi akan bisa panen pada Selasa (24/3/2020) mendatang. Rencananya, ia akan membagikannya ke warga.

Lebih lanjut, ia ingin mengadakan kompetisi kebun hidroponik antar dasawisma untuk memicu semangat warga.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved