Berita Pasuruan

Pusat Hibahkan Rp 100 M untuk Atasi Banjir Pasuruan, Pengerjaan oleh Pemprov Jatim dan BBWS Brantas

Komisi D DPRD Kabupaten Pasuruan bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas meninjau Kali Welang

galih lintartika/surya
Komisi D DPRD Kabupaten Pasuruan bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas meninjau Kali Welang, Selasa (3/3/2020) siang. 

SURYA.co.id | PASURUAN - Komisi D DPRD Kabupaten Pasuruan bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas meninjau Kali Welang, Selasa (3/3/2020) siang. Kunjungan ini dilakukan untuk memastikan rencana perbaikan dan pembangunan di hulu dan hilir Kali Welang untuk mengurangi potensi banjir yang menjadi langganan setiap musim hujan.

Sekadar diketahui, Kali Welang ini kerap kali meluap ketika debit air tinggi dampak dari hujan dengan intensitas tinggi. Ketika meluap, air menggenangi rumah warga di sekitar Kali Welang dan paling parah memutus jalur Pantura Surabaya-Probolinggo.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Pasuruan, Eddy Paripurna, mengatakan dengan serangkaian upaya, akhirnya ada kucuran anggaran dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 100 miliar.

Untuk pengerjaannya, sebagian Pemprov Jatim dan sebagian BBWS Brantas.

"Kami akan upayakan agar banjir di Kraton ini tidak terus-terusan menjadi langganan banjir apalagi pas parah sampai memutus jalur Pantura, jelas ini sangat merugikan sekali," kata Eddy, sapaan akrabnya.

Eddy menjelaskan, untuk Pemprov Jatim akan mengerjakan bangunan fisik sebanyak Rp 40 miliar.

Pengerjaannya mulai hulu sampai mendekati jembatan Kali Welang di Jalan Pantura.

"Akan ada normalisasi, pembuatan dan perbaikan bendung, peningkatan tebing sungai dan sejenisnya. Mudah-mudahan, ini akan memberikan pengaruh positif dan permasalahan banjir dapat tertangani," sambungnya.

Anggaran Rp 100 miliar ini diperkirakan akan selesai tahun ini.

Jika pengerjaan proyek Rp 100 miliar ini membuahkan hasil, maka kemungkinan tahun depan akan penambahan.

Halaman
12
Penulis: Galih Lintartika
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved