Breaking News:

Citizen Reporter

Cara Membuat Hand Sanitizer dari Serai, Kemangi, dan Lidah Buaya

Mengapa tidak membuat hand sanitizer sendiri? Siswa SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School sudah memproduksi. Berikut ini caranya.

Cara Membuat Hand Sanitizer dari Serai, Kemangi, dan Lidah Buaya
citizen reporter/Sayyidatul Awalia Nuzula
Yafi, Farras dan Taufik,siswa SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School membuat hand sanitizer dari bahan alami.

Permintaan akan hand sanitizer meninggi. Siswa SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School justru membuatnya sendiri dari bahan alami serai, kemangi, dan lidah buaya.

Tangan merupakan anggota tubuh yang aktif bergerak. Sentuhan-sentuhan yang dilakukan oleh tangan terhadap benda-benda di sekitar dapat menjadi media penularan penyakit.

Berbagai virus dan bakteri dapat dengan mudah berpindah dari benda ke tangan melalui sentuhan. Hampir 80 persen penyakit ditularkan melalui tangan karena kurangnya menjaga kebersihan.

Langkah termudah untuk mencegah penularan penyakit melalui sentuhan adalah dengan mencuci tangan. Namun, mencuci tangan sering disepelekan dan justru dianggap merepotkan karena memerlukan air dan sabun.

Penggunaan hand sanitizer merupakan alternatif dari menjaga kebersihan selain dengan cara mencuci tangan. Hand sanitizer dianggap lebih praktis digunakan karena tidak membutuhkan air mengalir.

Didasarkan pada kepraktisan dan kebutuhan hand sanitizer yang semakin meroket di pasaran, Yafi, Farras dan Taufik,siswa kelas XI MIPA 1A SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School membuat inovasi hand sanitizer dari bahan alami. Produk tersebut diberi nama Sterilight dan dipamerkan dalam Learning Festival dalam acara HUT SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School Ke-6, Sabtu (22/2/2020).

Sterilight merupakan hand sanitizer yang terbuat dari bahan-bahan alami yang mudah untuk didapatkan. Jika biasanya hand sanitizer hanya memiliki aroma yang biasa saja, ketiga siswa itu membuat hand sanitizer dengan aroma yang unik. Serai dan kemangi dipilih untuk memberikan aroma yang unik pada Sterilight.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sterilight mudah didapatkan di sekitar. Steriligth menggunakan lidah buaya, alkohol 70 persen, serai dan kemangi. Pengolahannya hanya membutuhkan waktu kurang-lebih 3 jam.

Kemangi dan serai masing-masing dihaluskan menggunakan alkohol 70 persen, kemudian direndam. Lidah buaya yang telah direndam dalam air kemudian dikupas kulitnya dan dihaluskan menggunakan blender.

Setelah halus, gel lidah buaya disaring untuk memisahkan dengan sisa kulit yang masih menempel. Gel lidah buaya kemudian dicampurkan dengan larutan kemangi atau sereh yang sudah disaring dengan perbandingan 2:1.

Produksi dari Sterilight ini tidak membutuhkan biaya besar. Dengan modal kurang dari Rp 50.000, dapat dihasilkan 25 botol ukuran 30 ml. Dalam waktu beberapa jam saja, produk tersebut habis terjual dengan harga Rp 8.000.

Menurut Yafi, Farras dan Taufik, pemilihan serai dan kemangi sebagai pemberi aroma hand sanitizer tidak sembarangan dilakukan. Serai dan kemangi memiliki sifat antibakteri, membuat efek relaksasi dan memiliki kandungan antioksidan.

Karena terbuat dari bahan-bahan yang alami, Sterilight hanya bertahan kurang lebih 3 bulan. Mereka berharap produk itu dapat dinikmati masyarakat.

Sayyidatul Awalia Nuzula
Laboran SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School
aulynuzula@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved