Berita Madiun

Pengelolaan Dana Desa di Kabupaten Madiun Jadikan Percontohan Nasional, Dikunjungi Gubernur Khofifah

Kabupaten Madiun akan menjadi kabupaten percontohan bagi kabupaten lain dalam hal percepatan penyaluran Dana Desa (DD).

surya.co.id/rahadian bagus
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa seusai melakukan kunjungan kerja, monitoring penyaluran dan pelaksanaan Dana Desa di Desa Sidomulyo dan Desa Pule, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun, Senin (2/3/2020) sore. 

SURY.co id|MADIUN - Kabupaten Madiun akan menjadi kabupaten percontohan bagi kabupaten lain dalam hal percepatan penyaluran Dana Desa (DD).

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa usai melakukan kunjungan kerja, monitoring penyaluran dan pelaksanaan Dana Desa di Desa Sidomulyo dan Desa Pule, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun, Senin (2/3/2020) sore.

"Kabupaten Madiun adalah satu-satunya kabupaten di indonesia yang sudah bisa menyelesaikan pencairan tahap satu pada tanggal 30 Januari, " kata Kohfifah.

"Kami minta best practice dari Kabupaten Madiun, disampaikan pada saat rapat koordinasi para bupati camat, pada tanggal 20 yang lalu, dan pak mendes akhirnya menyampaikan di forum itu akan mengadopsi proses yang dilakukan Pemkab Madiun untuk percepatan pencairan dana desa,"lanjutnya.

Ia menceritakan, awalnya dirinya mendengar  bahwa Kabupaten Madiun, satu-satunya kabupaten di Indonesia yang sudah bisa menyelesaikan proses percepatan pencairan dana desa tahap satu di tanggal 30 Januari.

Khofifah kemudian meminta  Bupati Madiun, Ahmad Dawami untuk menjelaskan pada 29 Januari lalu.

Sebab, yang dilakukan Pemkab Madiun ini merupaka sesuatu yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian berulang kali kepada para kepala daerah.

"Berkali-kali diendors oleh Pak Presiden dan Mendagri supaya ada percepatan pencairan dan penggunaan dana desa untuk cash forward, jadi dana desa tahap satu adalah untuk infrastruktur padat karya tunai,"katanya.

Dia menambahkan, perencanaan pembangunan desa dan pengelolaan dana desa di Kabupaten Madiun akan dijadikan refrensi secara nasional, tidak hanya di Jawa Timur. 

"Di situlah akhirnya smart perencanaan pembangunan desa ala Pemkab Madiun, oleh Mendes akan dijadikan referensi secara nasional. Tanpa menghilangkan identitas Kabupaten Madiun," imbuhnya.

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved