Pilbup Kediri 2020

Tingkat Kerawanan Pilkada Kabupaten Kediri Peringkat 3 di Jatim

Pilkada Kabupaten Kediri 2020 indeks kerawananya menempati peringkat 3 se-Jatim.. Ini alasannya

surabaya.tribunnews.com/didik mashudi
Ali Mashudi, komisioner Bawaslu menyampaikan indeks kerawanan pilkada Kabupaten Kediri 2020, Jumat (28/2/2020). 

SURYA.co.id | KEDIRI - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kediri telah memetakan Indeks Kerawanan Pilkada (IKP). Hasilnya Pilkada Kabupaten Kediri 2020 indeks kerawananya menempati peringkat 3 se Jatim.

Dari 19 kabupaten dan kota yang melaksanakan pilkada di Jatim, peringkat pertama dan kedua IKP ditempati Pilkada Kabupaten Mojokerto dan Pilkada Kabupaten Lamongan.

Sedangkan peringkat ke 4 Pilkada Kabupaten Malang dan ke 5 Pilkada Kabupaten Jember.

Ali Mashuri, Komisioner Bawaslu Kabupaten Kediri menjelaskan, IKP Kabupaten Kediri mencapai 55,38 dengan kategori level 4. 1

Sedangkan IKP Kabupaten Mojokerto 60,72 masuk level 5 dan Kabupaten Lamongan mencapai 60,34 di level 5. Sementara IKP Kabupaten Malang 55,18 dan Kabupaten Jember 54,98 masuk di level 4.

"Dalam IKP yang diluncurkan Bawaslu terdapat 4 isu strategis yang menjadi prioritas Pilkada 2020," ungkap Ali Mashudi kepada awak media, Jumat (28/2/2020).

Empat isu tersebut di antaranya adalah keberpihakan aparatur pemerintah dalam mendukung dan memfasilitasi peserta pilkada.

Selain itu politik transaksional dengan calon, tim kampanye dan tim sukses. Penggunaan media sosial dalam penyebaran hoaks dan ujaran kebencian serta penyusunan daftar pemilih yang tidak akurat.

Berdasarkan data IKP tersebut Bawaslu memberikan sejumlah rekomendasi.

Kepada penyelenggara pemilu, Bawaslu merekomendasikan agar meningkatkan pelayanan terutama terhadap proses pencalonan, baik calon perseorangan maupun calon yang diusung partai politik atau gabungan partai politik.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved