Travel

PT KAI Daop 8 Surabaya Tutup Perlintasan Liar yang Tewaskan Dua Pengendara Sepeda Motor

Alasan penutupan perlintasan liar itu karena sangat membahayakan bagi para penggunanya.

PT KAI Daop 8 Surabaya Tutup Perlintasan Liar yang Tewaskan Dua Pengendara Sepeda Motor
Foto PT KAI Daop 8 Surabaya
Penutupan perlintasan kereta api liar di Gang Dahlia RT 10 RW 5 Kelurahan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Kota Malang oleh PT KAI Daop 8 Surabaya. 

SURYA.co.id | MALANG - PT. KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya menutup perlintasan kereta api liar di Km 52 + 3/4 petak jalan antara Stasiun Malang Kota Lama - Stasiun Pakisaji atau tepatnya di Gang Dahlia RT 10 RW 5 Kel. Ciptomulyo Kec. Sukun Kota Malang.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto mengatakan alasan penutupan perlintasan liar itu karena sangat membahayakan bagi para penggunanya.

"Apalagi Rabu (26/2/2020) di perlintasan tersebut terjadi kecelakaan. Dua pengendara sepeda motor terserempet kereta yang melintas hingga terpental dan meninggal dunia," ujarnya, Jumat (28/2/2020).

Penutupan perlintasan liar dilakukan secara permanen sehingga tidak dapat digunakan kembali.

"Kita bongkar jalan semen yang berada di perlintasan liar itu. Setelah itu dipasang patok di pinggir rel yang kemudian diberikan portal yang dipantek mati," jelasnya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa total ada 563 titik perlintasan kereta yang ada di wilayah PT KAI Daop 8 yaitu mulai dari Bojonegoro - Surabaya - Mojokerto - Sidoarjo - Bangil - Malang.

"Dari 563 titik perlintasan, 132 titik dijaga oleh petugas PT. KAI, 33 titik dijaga pihak swasta, 368 titik perlintasan tidak terjaga dan 30 titik perlintasan sudah dibuat fly over atau under pass," tambahnya.

Ke depan, pihaknya akan berencana untuk menutup semua titik perlintasan kereta api liar.

"Secara bertahap, pihak PT KAI Daop 8 akan menutup perlintasan liar di wilayahnya. Dan kita berharap masyarakat tidak lagi memanfaatkan perlintasan kereta api liar," terangnya.

Sementara itu, warga sekitar yang berada di perlintasan liar yang ditutup, Nursalim mendukung positif langkah yang dilakukan PT. KAI Daop 8 tersebut.

Halaman
12
Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved