Citizen Reporter

Warga Thailand Minta Diajari Mengaji dan Bahasa Indonesia

Mahasiswa Universitas KH Wahab Hasbullah Jombang berangkat ke Thailand untuk magang. Mereka diminta mengajari warga mengaji dan bahasa Indonesia.

Warga Thailand Minta Diajari Mengaji dan Bahasa Indonesia
citizen reporter/Raa Claudia
Mahasiswa Universitas KH Wahab Hasbullah Jombang mengajari warga Thailand mengaji dan bahasa Indonesia. 

Sebanyak 25 mahasiswa dari Pendidikan Bahasa Inggris, Teknologi Informasi, dan Ekonomi Managemen Universitas KH Wahab Hasbullah (Unwaha) Jombang dikirim untuk belajar ke Thailand sejak 3 Februari 2020 hingga 2 Maret 2020. Menurut Anton Muhibbuddin, Rektor Unwaha, tahun depan Unwaha akan mengirimkan mahasiswanya dalam program serupa ke Malaysia, Brunei, dan Thailand.

Program magang itu dilakukan atas kerja sama University Technology of Krungtep, Thailand. Biayanya dari beasiswa dan lembaga partner Unwaha. Sebenarnya, program magang itu sudah ada sejak tahun lalu, hanya pada gelombang ke-3 itu, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengajar mengaji dan bahasa Indonesia di komunitas muslim Thailand.

Saat ini, populasi muslim Thailand sekitar 8 persen dari seluruh penduduk Thailand. Beberapa dari mereka tinggal di tepi kota Bangkok yang biasa disebut kampung muslim. Itu dekat dengan Masjid Jawa, tempat kegiatan belajar mengaji dan bahasa Indonesia dilaksanakan.

Mereka terdiri atas anak-anak usia 6 tahun hingga orang dewasa umur 80 tahun. Mereka dari berbagai profesi, seperti pengojek, guru, pedagang, siswa sekolah dasar, pegawai swasta, dan sebagainya. Banyak dari muslim Thailand berasal dari bangsa Thai yang memiliki keturunan orang Indonesia dan Malaysia yang kemudian memutuskan untuk berdagang dan tinggal di Thailand.

Antusiasme mereka untuk belajar mengaji dan bahasa Indonesia cukup tinggi. Pembelajaran yang diagendakan satu jam setiap minggu, ternyata baru bisa diselesaikan setelah tiga jam.

“Mereka minta kami untuk mendampingi mereka satu per satu agar dapat memahami bahasa Indonesia dan Alquran dengan baik. Kami juga mengajak membaca selawat nabi sebelum dan sesudah pembelajaran,” kata Richa, mahasiswa magang yang menjadi pengajar.

Pihak pengurus Masjid Jawa juga sangat senang dengan partisipasi mahasiswa Unwaha. Mereka berharap, setelah mahasiswa Unwaha kembali ke Indonesia, akan ada mahasiswa Indonesia lain yang bersedia andil dalam kegiatan belajar mengajar di Thailand.

Raa Claudia
Pengajar di MTs Nurul Qur’an Ploso
Mahasiswa Universitas KH Wahab Hasbullah Jombang
Reyzarah05@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved