Berita Pamekasan

Petugas Lapas Pamekasan Gelar Razia Penggeledahan, Ini yang Ditemukan

Tim Satgas gabungan Kamtib dan KPLP beserta seluruh anggota jaga Lapas Pamekasan, Madura, melaksanakan razia penggeledahan

Lapas Pamekasan
Hasil temuan petugas saat penggeledahan kamar hunian blok Lapas Pamekasan, Madura, Rabu (26/2/2020) malam. 

SURYA.co.id | PAMEKASAN - Tim Satgas gabungan Kamtib dan KPLP beserta seluruh anggota jaga Lapas Kelas IIA Pamekasan, Madura, melaksanakan razia penggeledahan rutin di seluruh kamar hunian blok. Razia itu dilakukan sekitar pukul 22.00-23.30 WIB, Rabu (26/2/2020) malam.

Saat operasi gabungan berlangsung, diikuti oleh 45 pertugas Lapas Pamekasan. Ketika prosesi penggeledahan berlangsung, dikoordinasi langsung oleh Kalapas bersama Kepala KPLP beserta staf, Kasi Kamtib, Kasubsi keamanan beserta staf, Kasi Binadik beserta staf serta anggota regu jaga.

Kepala Lapas Pamekasan, Hanafi, mengatakan razia penggeledahan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di Lapas Pamekasan. Tujuannya, untuk mencegah atau meminimalisir masuknya barang-barang terlarang ke dalam Lapas, seperti handphone, narkoba dan senjata tajam.

"Selain itu, penggunaan aliran listrik yang bukan peruntukannya yang bisa menimbulkan bahaya korsleting listrik dan ancaman bahaya kebakaran juga kami amankan," kata Hanafi kepada TribunMadura.com (grup surya.co.id), Kamis (27/2/2020).

Selain itu, lanjut Hanafi, dalam pelaksanaan kegiatan razia penggeledahan rutin tersebut tidak ditemukan adanya pemberian fasilitas khusus di kamar blok hunian.

Serta, pelaksanaan operasi penggeledahan juga berjalan dengan lancar dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Semua warga binaan, mendukung, dan mampu bekerjasama dengan baik untuk memperlancar proses penggeledahan," ujarnya.

Hanafi membeberkan ditemukan sejumlah hasil penggeledahan, di antaranya 3 handphone, 3 charger HP, 3 cutter dan 3 headshet.

Barang bukti hasil razia penggeledahan itu, nantinya kata dia, akan diinventarisir dan dicatatkan dalam berita acara serah terima hasil penggeledahan.

"Barang bukti hasil penggeledahan dalam razia ini selanjutnya diamankan untuk dimusnahkan," ungkapnya.

Lebih lanjut Hanafi berharap, operasi penggeledahan ini akan tetap dijadikan agenda rutin Lapas Pamekasan.

Karena menurutnya, sangat membantu dalam memberikan dukungan moral terhadap keterbatasan personel yang ada.

Sekaligus kata dia, kegiatan ini untuk membangun jiwa corsa antar petugas pemasyarakatan khususnya dalam pelaksanaan tugas keamanan dan ketertiban.

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved