Pilwali Surabaya 2020

PSI Sudah Coret Gunawan Dari Peserta Konvensi Sebelum Gunawan Menyatakan Mundur

DPD PSI Surabaya menyatakan telah mencoret Gunawan dari daftar peserta konvensi Pilwali Surabaya 2020 sebelum Gunawan menyatakan mundur.

PSI Sudah Coret Gunawan Dari Peserta Konvensi Sebelum Gunawan Menyatakan Mundur
Foto Istimewa
Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Jalur Independen, M Yasin dan Gunawan saat Menyerahkan Syarat Pencalonan ke KPU Surabaya, Minggu (23/2/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

SURYA.co.id | SURABAYA - DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Surabaya menyayangkan pernyataan kadernya, Gunawan yang mengatakan akan mengirimkan surat pengunduran diri dari konvensi PSI pasca penyerahan syarat dukungan pencalonan perseorangan dalam Pilkada Surabaya 2020.

Menurut Ketua Direktorat Hukum DPD PSI Surabaya, Erick Komala, pernyataan Gunawan tersebut kurang tepat mengingat Gunawan memang telah dicoret dari peserta konvensi pilkada PSI oleh Panitia Konvensi DPP PSI, sejak 21 Februari 2020.

Pencoretan tersebut berdasarkan SK Panitia Konvensi DPP PSI nomor 088/A/DPP/2020 yang di dalamnya berisikan sejak tanggal 21 Februari 2020, Gunawan telah digugurkan kepesertaannya dalam konvensi pilkada PSI karena hingga batas yang ditentukan Gunawan tidak mengindahkan instruksi partai.

Instruksi partai yang dimaksudkan oleh PSI adalah agar Gunawan tegas mengambil sikap, apakah akan tetap menempuh jalur konvensi atau mau berusaha melalui jalur perseorangan.

"Masak dia mau fokus ke perseorangan dan kalau syarat dukungannya kurang, dia mau balik lagi ke konvensi, itu sama saja konvensi dijadikan ban serep," kata Erick, Rabu (26/2/2020).

Erick mengatakan soft copy SK pencoretan Gunawan dari konvensi sebenarnya juga sudah diterima oleh Gunawan melalui aplikasi Whatsapp pada  21 Februari 2020. Sehingga, pernyataan Gunawan dianggap kurang tepat.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gunawan telah menyerahkan persyaratan pencalonan perseorangan dalam Pilkada Surabaya 2020 ke KPU Surabaya bersama Bakal Calon Wali Kota M Yasin, Minggu (23/2/2020).

Setelah itu, Gunawan yang merupakan kader dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini berencana akan mengajukan surat pengunduran diri dari konvensi yang saat ini digelar oleh partainya tersebut.

Gunawan mengatakan, pihaknya telah pamit terlebih dahulu ke pengurus PSI namun baru akan mengajukan surat resminya hari ini, Senin (24/2/2020).

Halaman
12
Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved