Berita Surabaya

Lindungi Hak Pejalan Kaki, Trotoar di Surabaya Juga Akan Dipasangi CCTV E-TLE

kamera e-Tilang di trotoar ini untuk menangkap pelanggaran pengguna kendaraan bermotor yang sering naik ke trotoar.

SURYA.co.id/Sofyan Arif Candra Sakti
Surabaya Intelligent Transport System (SITS) Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Jalan Raya Nginden, Surabaya 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana memasang kamera Tilang Elektronik (E-Tilang) atau e-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) untuk mengawasi trotoar di sejumlah ruas jalan di Surabaya.

Koordinator Surabaya Intelligent Transport System (SITS) Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Harnum Aida mengatakan kamera e-Tilang di trotoar ini untuk menangkap pelanggaran pengguna kendaraan bermotor yang sering naik ke trotoar.

"Ibu Wali Kota (Tri Rismaharini) memang sudah meminta agar memasang kamera di trotoar untuk melindungi hak pedestrian (pejalan kaki)," ucap Harnum, Selasa (25/2/2020).

Untuk menindak lanjuti hal tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya menjalin koordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya terkait pemetaan ruas jalan yang sudah dilalui kabel FO (fiber optik).

"Karena percuma juga kalau kameranya sudah terpasang di trotoar tapi tidak connect (tersambung) dengan kita (SITS)," lanjut Harnum.

Selain kamera e-Tilang, Pemkot Surabaya juga akan memberikan rambu-rambu lalu lintas ketika pengendara masuk di titik atau kawasan persimpangan yang telah diawasi dengan kamera e-Tilang.

"Kita targetkan semua titik yang diawasi kamera e-Tilang ada rambu ini. Saat ini baru beberapa titik yang sudah ada rambunya, salah satunya di Jalan Panjang Jiwo," kata Harnum.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved