Berita Pamekasan

Jurnalis Center Pamekasan Gelar Pelatihan Jurnalistik ke Siswa SMKN 1 Tlanakan, Ini Tujuannya

SMKN 1 Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Madura antusias mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik dasar yang digelar oleh Jurnalis Center Pamekasan

Kuswanto Ferdian/TribunMadura.com
Bunda Baca Pamekasan, Nayla Tamam saat memberikan materi seputar literasi dan kepenulisan di aula SMKN 1 Tlanakan Pamekasan, Madura, Rabu (26/2/2020). 

SURYA.co.id | PAMEKASAN - Sebanyak 50 siswa-siswi SMKN 1 Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Madura antusias mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik dasar dan penulisan karya sastra yang digelar oleh Jurnalis Center Pamekasan (JCP), Rabu (26/2/2020).

Acara bertajuk 'Safari Jurnalistik Goes To School' ini akan secara maraton digelar di beberapa sekolah tingkat SMA, Pesantren dan Universitas yang ada di Pamekasan.

Ketua Jurnalis Center Pamekasan (JCP), Mulyadi Izhaq menjelaskan, program JCP Safari Jurnalistik Goes To School ini merupakan implementasi dari program JCP selama satu tahun kedepan.

Selain itu, kata dia, program tersebut dilakukan untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan menuju Kabupaten Literasi di tahun 2021.

"Kami ingin merangsang para siswa untuk melek dalam dunia jurnalistik dan karya sastra, khususnya jurnalistik online atau daring. Caranya dengan menggelar pelatihan jurnalistik dan pelatihan penulisan karya sastra ini," kata Mulyadi usai acara.

Kegiatan yang digelar di aula SMKN 1 Tlanakan ini tampak berlangsung meriah.

Dengan diisi tiga pemateri, yakni Nayla Tamam, Bunda Baca Pamekasan, Wildona Zuman, Founder Your-B dan Kuswanto Ferdian, Penulis Buku sekaligus Jurnalis TribunMadura.com.

Dalam kesempatan itu, pengurus JCP juga mengajak para siswa dan siswi termasuk guru untuk berperan aktif mengirimkan karya jurnalistik terutama seputar kegiatan sekolah.

Dalam pelatihan itu juga, setiap siswa mendapatkan berbagai materi, antara lain dasar-dasar penulisan berita, kode etik jurnalistik, serta mendapatkan informasi seputar kegiatan para jurnalis dalam menjalankan tugasnya sehari-hari.

Selain itu, para siswa-siswi tersebut juga mendapat materi tentang proses kreatif dalam penulisan karya sastra.

Halaman
12
Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved