Berita Blitar

Dampak Virus Corona, Permintaan Kendang Jimbe dari Kota Blitar ke Tiongkok Berhenti

Merebaknya kasus virus Corona di Tiongkok ternyata berdampak pada perajin kendang jimbe di Kota Blitar

Dampak Virus Corona, Permintaan Kendang Jimbe dari Kota Blitar ke Tiongkok Berhenti
samsul hadi/surya
Pekerja sedang melakukan pengecatan kendang jimbe di rumah Sugeng Hariyanto, di Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjenkidul, Kita Blitar, Rabu (26/2/2020). 

SURYA.co.id | BLITAR - Merebaknya kasus virus Corona di Tiongkok ternyata berdampak pada perajin kendang jimbe di Kota Blitar. Produksi perajin turun drastis karena permintaan kendang jimbe dari Kota Blitar ke Tiongkok berhenti total sejak sebulan lalu.

Rumah sekaligus tempat produksi kendang jimbe milik Sugeng Hariyanto (37), di Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, tidak seramai biasanya, Rabu (26/2/2020). Tumpukan kendang jimbe setengah jadi dan sudah jadi yang biasanya memenuhi halaman dan teras rumah juga tidak terlihat.

Suara pekerja dan mesin bubut yang biasanya riuh bersahut-sahutan juga tidak terdengar. Hanya ada beberapa pekerja sedang proses finishing kendang jimbe di samping rumahnya.

"Produksinya turun drastis sejak sebulan ini. Permintaan kendang jimbe dari Tiongkok berhenti karena kasus virus Corona. Pekerjanya terpaksa saya kurangi," kata Sugeng.

Sugeng merupakan satu dari sejumlah perajin jimbe yang lumayan besar di Kelurahan Sentul.

Dalam satu minggu, dia mampu memproduksi 400 kendang jimbe.

Sebelumnya, Sugeng memiliki 40 pekerja. Itupun, para pekerja kadang lembur sampai malam.

"Sekarang jumlah pekerja yang masih aktif sekitar 15-20 orang. Kerjanya pagi sampai sore saja. Produksinya yang biasanya 400 per minggu sekarang tinggal 100 per minggu. Itupun hanya untuk stok dan melayani pasar lokal," ujar koordinator perajin kendang jimbe di Sentul itu.

Dikatakannya, kasus virus Corona di Cina sangat berdampak bagi perajin kendang Jimbe di Kota Blitar.

Menurutnya, ada dua sentra perajin kendang jimbe di Kota Blitar, yaitu, di Kelurahan Sentul dan Lingkungan Santren, Kelurahan Tanggung, keduanya masuk Kecamatan Kepanjenkidul.

Halaman
123
Penulis: Samsul Hadi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved