Citizen Reporter

Robot Botol Bikin Tertawa, Gaya Pengabdian Aksi Muda Jombang di Wonosalam

Anak-anak muda di Jombang mewujudkan bentuk pengabdiannya kepada warga Jombang. Mereka tergabung dalam komunitas Aksi Muda Jombang.

Robot Botol Bikin Tertawa, Gaya Pengabdian Aksi Muda Jombang di Wonosalam
citizen reporter/Fariz Ilham Rosyidi
Siswa SDN 3 Wonokerto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang menyaksikan robot botol buatan mereka.

Komunitas Aksi Muda Jombang (AMJ), menggelar pengabdiaan untuk kali ke delapan. Pengabdian AMJ kali ini di Dusun Wonogiri, Desa Wonokerto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Sabtu-Minggu (22-23/2/2020). Mereka membuat robot botol.

Selama dua hari, AMJ mengadakan berbagai kegiatan kreatif. Pada hari pertama, mereka bersama 20 siswa SDN 3 Wonokerto membuat kreasi robot dari bahan bekas. Dalam kegiatan itu, para siswa tampak antusias dan penuh tawa karena kali pertama membuatnya.

Bahan-bahan bekas dari botol, cakram, dan tutup galon digunting sesuai pola kemudian direkatkan dengan lem. Setelah semua bagian direkatkan, yang terakhir diberi warna dengan cat semprot.

Para siswa berhasil membuatnya. Saat membawa hasil karya mereka, muncul Alan yang menampilkan kebolehannya berdongeng di depan kelas. Dia bercerita tentang “Soni dan Harimau”, yang membuat siswa terpingkal-pingkal dengan banyolan khas lelaki yang biasa disapa Kak Alan ketika mendongeng. Tak lupa, ia juga menyisipkan pesan kebaikan seperti kejujuran dan arti penting membantu orang tua dalam dongengnya.

Selepas melakukan kegiatan di sekolah, sorenya, para relawan membagi-bagikan bibit tanaman kepada warga. Bibit yang dibagikan antara lain cabai merah dan cabai rawit.

“Warga tampak senang tadi, apalagi ditambah undangan kupon nobar (nonton bareng),” ungkap Arie Eka, founder AMJ.

Menuju malam, sukarelawan AMJ bersama seluruh warga Dusun Wonogiri, duduk bersila di depan layar LCD projector. Mereka menunggu pemutaran film “Jembatan Pensil” yang bercerita tentang semangat belajar di daerah pelosok. Mereka menikmati setiap alur yang tersaji dalam film itu.

“Rasanya filmnya pas dengan kondisi disini,” tutur salah satu anggota AMJ.

Setelah nobar alias nonton bareng, warga mulai mengamati nomor kupon mereka. Pengundian berlangsung dengan bersemangat. Ketika salah satu nomor acak itu disebutkan, warga seperti menyoraki yang maju apalagi ketika ketua RT maju mengambil hadiah.

Esoknya, di Minggu pagi, semua berkumpul bersama anak-anak untuk senam. Lagu Maumere, Pinguin, sampai Kewer-kewer, berhasil membuat mereka bergoyang dengan penuh semangat. Selepas senam, anggota AMJ membagikan pensil, bolpoin, dan makanan ringan kepada anak-anak. Itu menandai kegiatan selama di Wonosalam usai.

Fariz Ilham Rosyidi
Sukarelawan Aksi Muda Jombang
Mahasiswa Ilmu Sejarah Universitas Airlangga
farizilhamrosyidi@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved