Citizen Reporter

Praktik Membuat Pizza Malah Dapat Bonus Hotdog di Royal Plaza Surabaya

Outdoor learning selalu menyenangkan. Siswa diajak berkreasi. Kali ini membuat pizza.

Praktik Membuat Pizza Malah Dapat Bonus Hotdog di Royal Plaza Surabaya
citizen reporter/Taufiqur Rohman
Para siswa SMP Muhammadiyah 4 Surabaya membuat pizza di Hypermart Royal Plaza Surabaya. 

Farhan tampak antusias. Dengan mengenakan apron bertuliskan SMP Muhammadiyah 4 Surabaya, ia memasuki Hypermart di Royal Plaza Surabaya. Bersama 108 siswa lain, ia akan mengikuti Outdoor Learning Activities yang merupakan kegiatan rutin sekolah setiap tahun. Kali ini, kelas 9 kebagian tempat belajar di Hypermart Royal Plaza, Selasa (11/2/2020).

Pada outdoor learning ini, siswa akan dibimbing chef berpengalaman untuk membuat pizza. Sisswa dibagi berkelompok. Satu kelompok terdiri atas empat siswa. Empat siswa dalam satu kelompok itu bertanggung jawab untuk mengolah roti dan bahan lainnya agar menjadi pizza sesuai keinginan.

Sebelum memulai aktivitas, siswa SMP Muhammadiyah 4 Surabaya diberikan pengarahan oleh Chef Budi. Ia yang bertanggung jawab memberikan arahan dan bimbingan kepada siswa agar pizza yang dibuat menjadi hidangan yang menarik.

“Jadi, saus yang ada di hadapan kalian itu bukan saus yang biasa dibeli di pasaran. Itu saus khusus untuk pizza yang di dalamnya sudah tercampur keju dan margarin. Rasanya juga berbeda. Kreasikan bahan lainnya menjadi suguhan pizza dengan topping yang menarik,” jelas Budi.

Setelah menerima penjelasan, siswa mulai merangkai bahan yang disediakan. Berbagai bahan topping pizza mulai dari jagung, kacang polong, sampai sosis tersedia. Tugas siswa merangkai bahan itu sesuai imajinasinya.

“Serasa ikut Master Chef yang di televisi itu, dibimbing chef. Ini nanti sosisnya aja yang dibuat toping, soalnya aku gak terlalu suka sayur,” ujar Intan Fairuz, kelas 9C.

Setelah merangkai bahan menjadi sebuah bentuk pizza yang menarik, siswa membuat laporan untuk memenuhi tugas outdoor learning. Mereka mengerjakannya sambil menunggu pizza bikinan mereka dipanggang dalam oven.

Setelah pizza bikinan siswa matang dan tugas yang mereka kerjakan usai, siswa diberi bonus untuk membuat hidangan lain. Pada sesi ini, mereka kebagian membuat hot dog. Prosedurnya sama. Siswa diberikan bahan berupa roti, selada, tomat, timun, sosis yang sudah dipanggang, dan mayones. Namun, dalam kreasi membuat hot dog ini ada perbedaan.

Siswa tidak bisa bebas mengkreasikan imajinasinya seperti yang dilakukan ketika membuat pizza. Mereka harus membuat hidangan sesuai petunjuk.

“Kalau membuat hidangan ini, selada diletakkan di bagian kiri roti. Mentimun dan tomat di sebelah kanan. Sosis yang udah dipanggang ini kalian letakkan di tengah. Baru kemudian siram dengan saus dan mayones. Setelah jadi, hot dog itu bisa langsung kalian makan,” terang Budi.

Siswa yang mendengarkan arahan itu, bersorak kegirangan. Mereka kompak laksanakan petunjuk. Mereka mula-mula membuka roti menjadi dua dan memasukkan bahan-bahan sesuai arahan. Setelah selesai, mereka langsung mencicipi hidangan yang mereka buat itu.

“Selama ini, cuma bisa beli makanan kayak gini. Senang sih sekarang bisa coba bikin sendiri. Rasanya juga gak kalah sama yang dijual di restoran,” terang Putra Eliano, siswa kelas 9D, sambil menyantap hot dog bikinannya.

Taufiqur Rohman
Guru SMP Muhammadiyah 4 Surabaya
taufiqurrohman3@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved