Breaking News:

Press release

Komunal Bidik UKM, IRT, Petani dan Nelayan Untuk Salurkam Pembiayaan Peer to Peer Landing

"Rekomendasi dari OJK tahun 2020 ini, kami fokus pada tiga sasaran. Yaitu UMK, perempuan dan ibu rumah tangga, serta petani atau nelayan," kata Rico

surabaya.tribunnews.com/sri handi lestari
Chief Operating Officer (COO) Komunal, Rico Tedyono  

SURABAYA, SURYA - Perusahaan financial technology (fintech) dengan sistim Peer-to-Peer Lending, Komunal, tahun 2020 ini bersiap agresif mengembangkan usaha pembiayaan yang dijalaninya.

Hal itu setelah usaha yang telah mendapatkan izin, terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini berhasil menyalurkan pembiayaan Rp 100 miliar di tahun 2019 lalu.

Chief Operating Officer (COO) Komunal, Rico Tedyono menjelaskan, pihaknya mendapatkan saran dari OJK sebagai perusahaan Fintech,  untuk fokus pada tiga sasaran prioritas.

"Rekomendasi dari OJK di tahun 2020 ini, kami fokus pada tiga sasaran. Yaitu UMK, perempuan dan ibu rumah tangga, serta petani atau nelayan," kata Rico, Selasa (25/2/2020) di Surabaya.

Sejak mulai beroperasi pada tahun 2019, Komunal telah menjembatani para investor untuk mengembangkan dana serta berkontribusi memajukan perekonomian UKM.

"Per hari ini ada UKM yang mendapatkan pendanaan mulai dari  Rp10 juta hingga Rp 59 juta dengan dengan sektor usaha dibidang perdagangan, industri kecil dan makanan - minuman skala rumah tangga," jelas Rico.

Namun pihaknya juga ada catatan penyaluran sektor produktif, di angka Rp 500 juta, Rp750 juta, dan tertinggi di angka Rp 1,9 miliar.

Untuk antisipasi kredit macet dan bunga tinggi, Rico mengaku pihaknya menjalin komunikasi yang intensif dengan nasabah. Sehingga bila ada masalah, misalnya kesulitan pengembalian atau usaha yang berjalan kurang maksimal, tim dari Komunal ikut mendampingi.

Pihaknya juga terus melakukan konsultasi dengan OJK, terutama di wilayah Regional IV Jawa Timur untuk keharmonisan usaha.

"Karena itulah kami memilih fokus ke UKM. Karena uangnya dipakai modal usaha dan bisa mendorong peningkatan ekonomi," lanjut Rico.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved