Liputan Khusus

Kasipidum Kejari Surabaya : Pelanggar Lalu Lintas Bisa Sampaikan Sanggahan dengan Bukti Kuat

Untuk menyampaikan sanggahan, pelanggar harus mengantongi bukti-bukti kuat. Bukti-bukti itu bisa saksi ataupun rekaman video dan foto.

Kasipidum Kejari Surabaya : Pelanggar Lalu Lintas Bisa Sampaikan Sanggahan dengan Bukti Kuat
surya.co.id/febrianto ramadani
Sejumlah pelanggar lalu lintas yang tertangkap kamera E TLE sedang diproses penindakan tilangan oleh petugas kepolisian di mall pelayanan publik, Siola, Kota Surabaya, Jumat pagi (21/2/2020) 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejari Surabaya Farriman Isandi Siregar mengatakan, pengendara bisa menyampaikan sanggahan atas pelanggaran lalu lintas kepada petugas kepolisian kala melakukan konfirmasi di Posko Gakkum, Siola.

Selain itu, pelanggar bisa meminta sidang di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya untuk menyampaikan sanggahan.

"Saat ini putusan sidang tilang dilaksanakan verstek (tidak perlu kehadiran terdakwa). Tapi apabila yang bersangkutan meminta sidang, diperbolehkan," katanya, Jumat (21/2/2020).

"Pengadilan tidak akan menjatuhkan putusan tanpa surat tilang dan surat tilang diterbitkan apabila pelanggar telah melakukan verifikasi ke Lantas di Siola," tambahnya.

Untuk menyampaikan sanggahan, pelanggar harus mengantongi bukti-bukti kuat.

Bukti-bukti itu bisa saksi ataupun rekaman video dan foto.

"Bukti-bukti yang harus disampaikan oleh pelanggar untuk ditangguhkan/tidak ditilang ada pada tahap verifikasi di lantas. Lebih jelasnya bisa juga ditanyakan ke Satlantas Polrestabes Surabaya atau Ditlantas Polda Jatim," pungkasnya.

Sementara Kasubsi C Intelijen Kejari Surabaya Candra Anggara mengatakan, proses penanganan perkara tilang konvensional dengan tilang elektronik itu sama. Perbedaannya terletak pada proses penindakan.

Tilang elektronik menggunakan kamera, sedangkan tilang konvensional pakai petugas yang ditempatkan di lapangan.

Jika ada pelanggaran, ditindak, kendaraan diberhentikan, ditanya dan ditahan surat surat berkendara dan dikasih surat tilang.

Halaman
12
Editor: Titis Jati Permata
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved