Travel

Di Kampung Kemasan Ada Jejak Juragan Kaya Gresik

Fifin Maidarina dan Yanti berkeliling di kota lama Gresik. Bagi Fifin, traveler yang tinggal di Surabaya, kota lama itu menyimpan spot foto unik.

Di Kampung Kemasan Ada Jejak Juragan Kaya Gresik
citizen reporter/Fifin Maidarina
Rumah di Kampung Kemasan Gresik

Bukit Kapur Suci, Bukit Jamur, dan Pantai Mengare sudah dijelajahi. Pantai Delegan, Setigi Sekapuk, dan Bukit Larangan juga sudah. Hari terakhir di Gresik dinikmati di Kampung Kemasan untuk menikmati suasana kampung dengan bangunan-bangunan rumah tua yang terawat. Wajah rumah orang kaya Gresik zaman dulu, benar-benar tecermin di area ini.

Banyak pengusaha yang dulu tinggal di area itu. Salah satunya adalah pengusaha emas yang cukup terkenal di zamannya, sehingga akhirnya nama kampungnya menjadi Kampung Kemasan. Namun, sejak adanya Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya, masa jaya Gresik mulai surut.

Hingga saat ini, rumah-rumah itu masih dihuni. Bangunannya dibiarkan dengan struktur bangunan lama, hanya dipugar cat-catnya dan dipelihara dengan biaya sendiri. Peminat sejarah dan fotografi pasti menyukai tempat itu.

Bagi Yanti yang datang dari Jakarta dan spesial mencari lokasi bagus untuk foto, Kampung Kemasan itu menarik. Sisa-sisa kejayaannya masih bisa dilacak.

Ada rumah dengan pilar-pilar besar, pintu dan jendela tinggi, serta lantai ubin yang khas. Ada juga rumah mungil dengan cat warna-warni. Kota tua yang menarik dan layak menjadi cagar budaya.

Fifin Maidarina

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved