Berita Tuban

Resort untuk Lansia bakal Dibangun di Tuban, Dilengkapi Fasilitas Kesehatan, Tarif  Per Bulan Segini

Badan Ketahanan Nasional dan Internasional Republik Indonesia (BKNI-RI), berencana membangun layanan fasilitas kesehatan khusus lanjut usia di Tuban.

Resort untuk Lansia bakal Dibangun di Tuban, Dilengkapi Fasilitas Kesehatan, Tarif  Per Bulan Segini
surya.co.id/m sudarsono
Presidium BKNI-RI, Tri Harsono memaparkan rencana rencana pembangunan resort bagi lansia di Kabupaten Tuban, Minggu (23/2/2020).  

SURYA.co.id | TUBAN - Badan Ketahanan Nasional dan Internasional Republik Indonesia (BKNI-RI), berencana membangun layanan fasilitas kesehatan (Faskes) khusus lanjut usai (lansia) di wilayah Kabupaten Tuban.

Rencana pembangunan faskes berbasis wisata ekologi (Medical Ecotourism Senior Living) itu berada ditiga titik. Di antaranya di Desa Mander, Kecamatan Tambakboyo, Desa Tunggul Rejo, Kecamatan Singgahan, dan Desa Karang Tengah, Kecamatan Jatirogo.

Satu kawasan ini direncanakan ada sebanyak 300 kamar, di dalamnya ada sejumlah fasilitas kesehatan.

Satu pasien lansia mancanegara akan dikenakan tarif Rp 100 juta setiap bulannya, sebagaimana perhitungan.

"Tarif setiap bulan mencapai Rp 100 juta bagi pasien lansia mancanegara, dan para pasien sudah banyak yang menunggu, faskes ini melayani masyarakat lokal hingga mancanegara," kata Presidium BKNI-RI, Tri Harsono, Minggu, (23/2/2020).

Dia menjelaskan, program fasilitas kesehatan ini berbasis wisata ekologi (Medical Ecotourism Senior Living) untuk membangun sebuah kawasan dalam rangka menghadirkan para turis mancanegara agar berkunjung di Tuban.

Konsepnya juga dengan mengadopsi kearifan lokal, bahkan sebagai bentuk keseriusan pihaknya juga sudah bertemu Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein.

Jika pembangunan ini berjalan lancar tanpa ada kendala, maka akan berdampak pada kemajuan perekonomian di wilayah Tuban. Termasuk mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tuban, dan bisa menyerap tenaga kerja lokal baik medis maupun non medis.

"Upaya kerja sama dengan pemkab ada, angka pengangguran di Tuban pasti berkurang kalau sudah beroperasi," terang Presidium BKNI-RI ini.

Diterangkannya, program pembangunan fasilitas kesehatan ini menelan biaya sekitar Rp 75 miliar hingga Rp 85 miliar untuk satu titik.

Halaman
12
Penulis: M. Sudarsono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved