Pilkada Jember 2020

Pilbup Jember 2020, Faida-Vian Akhirnya Mendaftar di KPU Lewat Jalur Independen

Pasangan bakal calon kepala daerah Faida Vian (Dwi Arya Nugraha Oktavianto) akhirnya mendaftar melalui jalur independen ke KPU Jember

Pilbup Jember 2020, Faida-Vian Akhirnya Mendaftar di KPU Lewat Jalur Independen
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Pasangan bakal calon kepala daerah Faida - Vian saat tiba di Kantor KPU Jember 

SURYA.co.id | JEMBER - Pasangan bakal calon kepala daerah Faida Vian (Dwi Arya Nugraha Oktavianto) akhirnya mendaftar melalui jalur independen ke KPU Jember, Minggu (23/2/2020).

Pendaftaran ini sempat ditunda karena sebelumnya pasangan ini akan mendaftar Sabtu (22/2/2020).

Faida - Vian tiba di Kantor KPU Jember sekitar pukul 13.30 Wib dengan menaiki mobil Alphard Vellfire berwarna putih. Sekitar 250 orang mengiringi kehadiran Faida - Vian ke KPU Jember.

Pasangan ini juga membawa berkas dukungan secara fisik. Berkas dukungan itu tersimpan dalam 46 boks plastik.

Faida menyebut, dukungan kepada dirinya terus mengalir dari masyarakat. "Sampai saat mendaftar ini ada 246.133 buah. Dukungan ini tersebar di 31 kecamatan, artinya di seluruh kecamatan," ujar Faida di sela-sela pendaftarannya.

Dari jumlah dukungan yang sudah masuk, sekitar 180 ribu yang sudah masuk ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Dukungan yang masuk ke Silon tersebar di 31 kecamatan, serta 241 desa dan kelurahan. Faida mengakui, ada dukungan dari tujuh desa dan kelurahan yang belum sempat masuk ke Silon.

Jika mengacu kepada syarat minimal dukungan untuk calon perseorangan di Pilkada Jember 2020, jumlah dukungan yang masuk ke Silon itu sudah lebih melebihi syarat minimal dukungan. Syarat minimal dukungan calon perseorangan di Jember untuk Pilkada Jember 2020 adalah 121.127 dukungan.

"Ini merupakan ikhtiar Faida - Vian untuk maju di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jember melalui jalur perseorangan. Hari ini merupakan tanggal terakhir untuk pendaftaran calon perseorangan. Tidak ada alasan untuk mendaftaran, karena kami mengapresiasi dukungan masyarakat ini," ujar Faida.

Faida kembali menegaskan bahwa mendaftar melalui jalur perseorangan itu merupakan upayanya, atau dia menyebutnya ikhtiar, untuk maju dan berkontestasi di Pilkada Jember 2020.

Sementara itu, Komisioner KPU Jember, Achmad Susanto mengatakan, baru satu pasangan bakal calon kepala daerah yang mendaftar melalui jalur perseorangan yakni Faida - Vian.

"Dukungan di Silon juga sudah disubmit setelah sinkronisasi dukungan rekap tingkat desa dan kecamatan selesai," ujar Susanto kepada Surya.

Submit atau pengumpulan Silon merupakan proses penguncian Silon terhadap dukungan bakal calon kepala daerah. Setelah dikumpulkan, tidak bisa lagi memasukkan tambahan dukungan.

"Sinkronisasi rekap tingkat desa dan kecamatan itu terkait sebaran dukungan. Sudah sinkron semua dengan Silon. Untuk pasangan Faida - Vian, dukungan tersebar di 31 kecamatan, atau di seluruh kecamatan. Ini sudah lebih dari persebaran dukungan. Untuk Jember minimal tersebar di 16 kecamatan," imbuhnya.

Setelah mencocokkan sebaran dukungan tingkat desa dan kecamatan, kini petugas KPU menghitung jumlah dukungan dari orang per orang.

Minggu (23/2/2020) merupakan batas akhir pendaftaran jalur perseorangan untuk Pilkada serentak tahun 2020. Hingga pukul 20.00 Wib, baru pasangan Faida - Vian yang mendaftar ke KPU Jember melalui jalur perseorangan.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved