Breaking News:

Berita Surabaya

Kementan Sebut Pasokan Cabai di Kabupaten Malang Lancar, Stok Aman Ramadhan Hingga Idul Fitri

Kementan sebut pasokan cabai di beberapa daerah di Indonesia lancar, satu di antaranya juga termasuk di Kabupaten Malang

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: irwan sy
Kementerian Pertanian
Kementan melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Hortikultura menyarankan kepada para petani cabai di Jatim untuk melakukan sejumlah tips khusus penanaman cabai ketika musim hujan telah datang, satu di antaranya seperti menghindari penggunaan pupuk nitrogen dosis tinggi karena menyebabkan tanaman rentan patogen. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Hortikultura menyebut pasokan cabai di beberapa daerah di Indonesia lancar, satu di antaranya juga termasuk di Kabupaten Malang, bahkan juga stoknya pun juga aman hingga sampai Ramadhan dan Idul Fitri tiba.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura, Kementerian Pertaian, Yasid Taufik.

"Saya harap masyarakat tak khawatir dengan ketersediaan cabai dalam beberapa bulan ke depan. Pasalnya, ketersediaan cabai aman dan mencukupi kebutuhan masyarakat. Berdasar Early Warning System (EWS), stok aneka cabai cukup hingga Maret mendatang, hal ini juga berlaku untuk di Kabupaten Malang," kata Yasid saat dikonfirmasi di Surabaya, Minggu (23/2/2020).

Taufik mengungkapkan, kebutuhan konsumsi nasional untuk cabai besar mencapai 254.670 ton.

Sementara produksi sebesar 281.712 ton atau surplus sebesar 27.042 ton dan hal ini serupa juga dengan yang terjadi di Kabupaten Malang, yang dimana memiliki sharing nasional sebesar 4,91 persen untuk cabai rawit dan 2,27 persen untuk cabai besar.

Semantara Kasi Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Malang, Ina Khoirun Nisa, menyatakan diperkirakan pada Februari panen cabai rawit mencapai 1.500 ton dan Maret 2.700 ton.

Adapun untuk yang di Bulan April-Mei, dikatakannya bisa mencapai 4.000-4.500 ton per bulan.

“Dalam dua bulan ke depan kami prediksi kondisi cabai akan kembali normal. Kalau bawang merah sudah tidak diragukan lagi, kami adalah salah satu sentranya,“ ungkap Ina.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved