Breaking News:

Berita Bojonegoro

Gubernur Khofifah Beri Hibah Alat Tenun Tradisional untuk Masyarakat Samin Bojonegoro

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga menyerahkan sejumlah bantuan untuk masyarakat Samin, di Bojonegoro

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: irwan sy
fatimatuz zahro/surya
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Mbah Hardjo Kaedi saat bersilaturahmi dan menyapa masyarakat Samin, Bojonegoro, Minggu (23/2/2020). 

SURYA.co.id | BOJONEGORO - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga menyerahkan sejumlah bantuan untuk masyarakat Samin, di Bojonegoro, dalam kunjungannya, Minggu (23/2/2020). Khofifah menyerahkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) untuk program Jatim Puspa dan juga menyerahkan bantuan alat tenun tradisional pada masyarakat Samin.

Sebagaimana diketahui masyarakat Samin di Bojonegoro adalah masyarakat yang kukuh mengamalkan ajaran Samin yang diprakarsai oleh Samin Surosentiko. Ajaran ini memiliki lima pitutur luhur yang menitikberatkan pada nilai  kejujuran, kepedulian sosial, peduli alam serta anti kekerasan.

Saat bersilaturahmi dengan masyarakat Samin, Khofifah memberikan bantuan keuangan khusus dengan nilai Rp 230.750.000 pada Kepala Desa Margomulyo Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro. Bantuan tersebut diserahkan Khofifah dengan harapan masyarakat bisa  melakukan kegiatan pemberdayaan di tingkat desa.

Tidak hanya itu, di kesempatan yang sama Khofifah juga menyerahkan bantuan berupa dua alat tenun tradisional.

Hal itu sengaja dilakukan karena masyarakat Samin hingga kini masih aktif melestarikan budaya menenun.

"Kita berikan pada mereka alat tenun. Karena warga masyarakat Samin masih banyak yang menenun. Maka harapan kami desain-desain yang ada bisa dipopulerkan, yang desain sederhana bisa digunakan untuk scarf, dan juga selendang," kata Khofifah.

Menurutnya, masyarakat Samin ini sudah kuat pelestarian budayanya.

Kini jika didukung dengan kekuatan produk khas yaitu tenun yang sudah menjadi ciri khas warga masyarakat Samin, maka menurut mantan Menteri Sosial ini, kampung ini bisa menjadi potensi wisata budaya.

"Kalau mereka sudah memiliki produk khas, ini akan menjadi penguatan masyarakat Samin sebagai destinasi wisata budaya di Bojonegoro," kata Khofifah yang dalam kesempatan itu juga dikukuhkan sebagai Keluarga Kehormatan Sedulur Sikep Samin.

Lebih lanjut disampaikan Khofifah ajaran Samin memiliki nilai-nilai ajaran kehidupan yang tinggi.

Dengan kearifan lokal yang kuat maka menurutnya butuh ada desiminasi dan kegiatan memviralkan masyarakat Samin dan ajarannya di generasi millenial. Agar bisa terus dilestarikan dan diamalkan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved