Berita Surabaya

Surabaya Mandiri Beri Pelatihan Interview dan Kesempatan Kerja untuk Para Lulusan SMA/SMK

Surabaya Mandiri sebagai lembaga pengembangan profesi menggelar Interview Skill Training di Universitas Widya Kartika

Surabaya Mandiri Beri Pelatihan Interview dan Kesempatan Kerja untuk Para Lulusan SMA/SMK
SURYA.co.id/Zainal Arif
Suasana Kegiatan saat Interview Skill Training di Universitas Widya Kartika, Jl Sutorejo Prima Utara II Nomor 1 Surabaya, Sabtu (22/2/2020). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Surabaya Mandiri sebagai lembaga pengembangan profesi menggelar Interview Skill Training di Universitas Widya Kartika, Jalan Sutorejo Prima Utara II Nomor 1 Surabaya, Sabtu (22/2/2020).

Direktur Surabaya Mandiri, Yaniati Sutrisna menjelaskan, lulusan SMA/SMK menurutnya masih kurang memiliki kualitas interview yang baik sehingga ia memberikan pelatihan teknik interview secara gratis untuk peserta.

"Tak hanya itu, kami juga memberikan ruang dan kesempatan kerja untuk para lulusan yang sudah kami imbau untuk membawa CV (curriculum vitae) sebelum mengikuti kegiatan," kata Yani sapaan akrab Yaniati Sutrisna.

Puluhan peserta mengikuti kegiatan sejak pukul 09.00 WIB, tak hanya didominasi dari lulusan SMA/SMK, melainkan juga dari beberapa lulusan universitas di Jawa Timur.

"Karena respon yang masuk lumayan banyak, juga lulusan sarjana yang berharap mendapatkan training dari kami. Maka dari situ kami beri mereka ruang juga," kata Yani.

Mereka langsung diarahkan menuju ke lantai tiga Kampus Universitas Widya Kartika Surabaya untuk mendapatkan training interview.

"Mereka mendapat pembekalan terlebih dahulu dari Bu Martha, tentang bagaimana tatapan mata, bersalaman, karena gesture yang harus diperlihatkan pertama kali menjadi penilaian HRD, sehingga skill mereka bertambah dan dapat lebih percaya diri," ujar Yani.

Setelah itu, mereka menuju HRD dari beberapa perusahaan yang sudah menunggu peserta untuk diinterview langsung.

"Ini bukan simulasi interview, melainkan memang beberapa perusahaan yang ada di sini sedang membuka lowongan pekerjaan," tutup Yani.

Perusahaan yang membuka lowongan antara lain, BNI cabang Surabaya, BCA cabang Surabaya, Terra Coldmix, Exa Mitra Solusindo, Wuling Motors, Cakra Sinergi Mandiri, Universitas Widya Kartika Surabaya dan Galaxy Properti.

Hal ini mendapat tanggapan dari peserta yang ikut serta, peserta mengaku senang dengan training yang diadakan karena membantunya dalam mempersiapkan.

"Saya jadi lebih percaya diri tentunya, kami selama pelatihan memang mendapat banyak pembekalan dari orang yang memang berusaha dari nol," kata Branjas Setianto lulusan Politeknik Jember.

"Saya sebelumnya tidak tahu bahwa ada perusahaan yang memberikan kesempatan kerja, tapi itu baik karena saya selain menambah persiapan dapat kesempatan juga, semoga perusahaan menerima saya," pungkasnya.

Penulis: Zainal Arif
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved