Berita Pamekasan

Wujudkan Program Rehabilitasi Medis, Lapas Pamekasan Gandeng RSU Mohammad Noer

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pamekasan, Madura menggandeng RSU Mohammad Noer untuk mewujudkan program 'Rehabilitasi Medis'.

tribun jatim/kuswanto ferdian
Suasana loket RSU Mohammad Noer di Jalan Bonorogo No 17, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jumat (21/2/2020). 

SURYA.co.id | PAMEKASAN - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pamekasan, Madura menggandeng RSU Mohammad Noer untuk mewujudkan program 'Rehabilitasi Medis'.

Program ini khusus tahanan Lapas Pamekasan yang kertegantungan obat terlarang.

Selain itu, program tersebut juga khusus untuk menangani para napi narkoba yang sedang mengalami penyakit atau sedang sakit.

Kasi Pelayanan Medik RSU Mohammad Noer, Andy Eka Bachtiar mengatakan, warga binaan Lapas Pamekasan yang memerlukan rujukan medis ke RSU Mohammad Noer, pihaknya siap memfasilitasi.

Kata dia, semua Lapas di Jawa Timur apabila terdapat Warga Binaannya yang mengalami sakit dan ketergantungan obat terlarang, bisa dirujuk ke RSU milik Jawa Timur ini.

Satu di antaranya bisa dirujuk ke RSU Mohammad Noer di Jalan Bonorogo no 17, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan.

"Semua penyakit yang diderita para warga binaan itu kami layani sebaik mungkin," kata Andy Eka Bachtiar , Jumat (21/2/2020).

Selain itu, Andy Eka Bachtiar mengutarakan, apabila ada pasien rehabilitasi narkoba yang memerlukan perawatan medis lanjutan, pihaknya menyatakan siap untuk memfasilitasi secara penuh.

Dia berharap, program rehabilitasi medis ini dapat berjalan sesuai harapan dan berjalan dengan lancar.

"Apabila memang diperlukan dokter spesialis untuk mengatasi penyakit terkait ketergantungan narkoba, kami juga siap mengirim dokter dari sini dan juga mendatangkan dari luar," ujarnya.

Tidak hanya itu, Andy Eka Bachtiar juga mengungkapkan, pihaknya memberikan pelayanan medis tersebut secara maksimal kepada para warga binaan Lapas Pamekasan, lantaran ingin para napi dapat hak pelayanan kesehatan yang sama dengan masyarakat pada umumnya.

"Jadi ini sebagai ikatan mitra kerjasama dalam hal Rehabilitasi Medis antara kami dengan Lapas Pamekasan," ucapnya.

"Penanganan tim medis di ineternal Lapas sebenarnya juga sudah ada, namun kalau misal ada warga binaan yang sakit lalu ingin dirujuk, itu bisa ke kami langsung atau kami datang ke Lapas," pungkasnya.

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved