Grahadi

Pemprov Jatim

Upaya Khofifah Jadikan Grahadi Instagramable, Ditanami Aneka Buah dan Sayuran

Memanfaatkan lahan di belakang Gedung Negara Grahadi, meski tak begitu luas, Khofifah menanam sejumlah tanaman buah yang ia suka

SURYA.co.id | SURABAYA - Khofifah Indar Parawansa hingga kini masih aktif menyalurkan hobi merawat tanaman. Tak terkecuali saat ia ini ketika ia menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur. Kecintaannya pada tanaman ia salurkan juga di sela-sela menunaikan tugas mimimpin Jawa Timur.

Memanfaatkan lahan di belakang Gedung Negara Grahadi, meski tak begitu luas, Khofifah menanam sejumlah tanaman buah yang ia suka. Mulai buah mentega, sukun, hingga aneka sayuran. Bahkan yang kini tampak menghiasi halaman belakang Gedung Negara Grahadi adalah tanaman labu air (Calabash).

Ditanam sejak dua bulan lalu, buah labu sayur itu tambah banyak menggantung di rangka yang sudah disiapkan di halaman belakang Gedung Grahadi.

Lantaran sudah siap panen, secara khusus Khofifah mengajak kepala OPD untuk panen labu sayur berbarengan, Rabu (18/2/2020) kemarin sore.

Kegiatan panen labu sayur itu ia lakukan usai pulang tugas luar kota bersama para kepala OPD. Lantaran tanaman labu sayur ditanam menggantung, maka untuk memanen harus menggunakan tangga khusus.

Secara bergantian, para kepala OPD bergantian memanen.

"Ini caranya Kepala Dinas Pemberdayaan Desa memetik labu, beda sama caranya Kepala Biro Hukum, pakai ditanya dulu labunya," canda Khofifah sembari menyaksikan para kepala OPD bergantian memetik labu sayur.

Dikatakan Khofifah, labu sayur ini memang permintaannya khusus untuk ditanam di belakang Grahadi. Waktu panennya biasa dalam dua bulan. Tanaman yang menjalar itu ditanam sekaligus untuk membuat Grahadi lebih segar dan instagramable.

"Kemarin saya nanam kaboca, lalu sekarang ganti labu sayur. Dengan begini, Grahadi bisa lebih indah, yang datang ke Grahadi juga bisa berfoto dengan latar kebun mini kita ini," kata ibu empat anak ini.

Sejak memimpin Jawa Timur, Khofifah memang sering mengundang banyak kalangan ke Grahadi. Ia ingin agar Grahadi bisa dinikmati semua kalangan.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved