Berita Jombang

Komisi C DPRD Jombang Temukan Banyak Keretakan pada Bangunan Jembatan Bongkot

Saat sidak, Komisi C DPRD Jombang menemukan sejumlah kejanggalan pada bangunan jembatan Bongkot, Desa Bongkot, Kecamatan Peterongan, Jombang.

surabaya.tribunnews.com/sutono
Komisi C DPRD Jombang saat Sidak pembangunan jembatan Bongkot, Peterongan, Jombang. 

SURYA.co.id, JOMBANG - Komisi C DPRD Jombang menemukan sejumlah kejanggalan pada bangunan jembatan Bongkot, Desa Bongkot, Kecamatan Peterongan, Jombang.

Berbagai kejanggalan itu ditemukan saat Komisi C menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke bangunan jembatan yang baru selesai dikerjakan November 2019 lalu tersebut, Kamis (20/2/2020).

Sidak dilakukan setelah ada pengaduan tentang bangunan yang diduga tak sesuai perencanaan.

Bahkan, pembangunan jembatan penghubung Kecamatan Peterongan dan Kecamatan Kesamben senilai Rp 6,375 miliar ini, diduga di bawah standar spesifikasi teknis (spek).

Ketua Komisi C DPRD Jombang, Khoirul Anam mengatakan ada banyak keretakan di bangunan jembatan serta lapisan tanah yang ambles.

Bagi komisinya, ini mengundang tanda-tanya besar. "Pondasi terlalu buruk. Sebelah pondasi banyak keretakan, tanahnya ambles. Kalau kalau yang tengah sudah baik. Tapi pondasi perlu dipertanyakan kenapa buruk," kata Khoirul di sela sidak.

Selain itu, para wakil rakyat dari Komisi C itu juga menjumpai adanya pondasi yang tertutup aspal. Padahal, ini tidak pernah ada dalam perencanaan.

Mendapati temuan tersebut, Komisi C memastikan bakal menghadirkan beberapa pihak terkait, untuk  rapat dengar pendapat atau 'hearing'.

Menurutnya, 'hearing' perlu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pekerjaan yang menggunakan anggaran APBD tahun 2019 tersebut digarap. Apakah sudah sesuai prosedur atau menyimpang.  

"Rekomendasi kami seperti apa, tentu kami keluarkan setelah 'hearing' dengan berbagai . Yakni Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang),  kontraktor maupun konsultan," tambahnya. Sebab, menurutnya, ini menyangkut dana yang cukup besar.

Halaman
12
Penulis: Sutono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved