Berita Surabaya

Menengok Kampung Jetis Wetan RT 4 RW 1 Margorejo Surabaya yang Asri

Seperti kampung yang berada di kelurahan Margorejo Surabaya yakni RT 4 RW 1 Jetis Wetan. Suasana asri dan rindang begitu terasa saat memasuki wilayah

Menengok Kampung Jetis Wetan RT 4 RW 1 Margorejo Surabaya yang Asri
SURYA.co.id/Habibur Rohman
Suasana kampung Jetis Wetan RT IV RW l Margorejo Surabaya yang asri dengan berbagai tanaman di rumah warga dan akses masuk kampung, Rabu (19/2/2020). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Berada di tengah kota, tak lantas membuat suasana kampung menjadi panas dan gerah.

Seperti kampung yang berada di kelurahan Margorejo Surabaya yakni RT 4 RW 1 Jetis Wetan. Suasana asri dan rindang begitu terasa saat memasuki wilayah kampung.

Tanaman berderet di sepanjang gang, ditambah beberapa tanaman hias yang ditanam depan rumah warga. Sudut taman tempat berkumpul warga yang hijau, menambah suasana sejuk dan nyaman.

Ketua PKK RT 4 RW 1Jetis Wetan Margorejo, Roimah Nuryati menyampaikan, warga mulai menghijaukan kampung sejak 2008.

"Bagi kami, penghijauan sangat penting. Berkat tanaman, udara di kampung menjadi lebih segar. Selain itu warga juga bisa langsung memanfaatkannya," katanya, Rabu (19/2/2020).

Tanaman yang menghiasi kampung beragam, ada tanaman hias popular seperti pucuk merah dan lidah mertua. Ada juga tanaman obat keluarga (toga) mulai dari serai, sirih, sampai wijayakusuma.

Tak ketinggalan, beragam sayuran hidroponik seperti sawi, selada, dan kangkung, juga ada di kampung ini.

"Tanaman kami rawat bersama-sama secara bergantian. Kami menggunakan sistem piket dasawisma. Ke depan, kami ingin pengadaan ikon kampung yaitu belimbing sayur," tutur Roimah.

Belimbing sayur, ia melanjutkan, dapat diolah menjadi berbagai produk seperti sirup, selai, dan manisan.

Penghijauan di RT 4 RW 1 Jetis Wetan Margorejo diiringi dengan pengolahan sampah yang baik. Warga sudah memiliki komposter dan bank sampah aktif.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved