Grahadi

Pemprov Jatim

Khofifah Puji Program Bulaga Jombang, Minta Pemkab Segera Buat Mal Layanan Publik

Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi program Bupati Melayani Warga (Bulaga) yang digagas Bupati Jombang, Mundjidah Wahab

Khofifah Puji Program Bulaga Jombang, Minta Pemkab Segera Buat Mal Layanan Publik
SURYA.co.id/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi program Bupati Melayani Warga (Bulaga) yang digagas Bupati Jombang, Mundjidah Wahab di Kecamatan Perak dan Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Rabu (19/2/2020). 

SURYA.co.id | JOMBANG - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi program Bupati Melayani Warga (Bulaga) yang digagas Bupati Jombang, Mundjidah Wahab di Kecamatan Perak dan Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Rabu (19/2/2020).

Program Bulaga yang diwujudkan dengan berkantornya Bupati dan Wakil Bupati Jombang di desa dan membuka layanan publik di desa tersebut memberikan paket komplit layanan masyarakat. Mulai membayar pajak, membuat KTP, mengurus administrasi kependudukan hingga layanan menikah melalui KUA.

Salah satu yang mendapatkan apresiasi lebih dari Khofifah adalah layanan menikah dengan menhadirkan penghulu, pegawai KAU hingga pencatat kependudukan di satu lokasi dan waktu.

Sehingaa begitu mempelai menikah, mereka akan langsung dicatatkan ke administrasi kependudukannya, mendapatkan akta nikah dan e-KTP nya sudah berubah status serta mendapatkan KK baru.

"Ini program yang inovatif dan komprehensif. Mempelai menikah, ada penghulu, ada pencatatan sipil, selesai prosesi dapat akta nikah, e-KTP sudah berstatus kawin dan dapat KK, sangat komprehensif," katanya.

Khofifah melihat langsung prosesi pernikahan mempelai Matfuchin dan Fitriani, pasangan warga yang memanfaatkan program nikah paket lengkap di acara Bulaga.

Bahkan, Khofifah ikut mengucapkan selamat dan memberikan tambahan uang pernikahan bagi kedua mempelai.

Pihaknya berharap, program ini turut bisa meningkatkan hajat hidup masyarakat Jombang.

Terlebih menurut keterangan Bupati Mundjidah, program Bulaga dilaksanakan dua bulan sekali dan keliling dari satu desa ke desa lain.

"Ini cara pemkab memberikan layanan dengan cara yang luar biasa. Ada inovasi, ada kolaborasi, ada layanan BPJS, SIM, Samsat keliling, banyak layanan yang diberikan untuk didekatkan ke masyarakat," tegasnya.

Lantaran semua layanan sudah tersedia di Bulaga yang turun ke desa-desa, Khofifah merekomendasikan agar Pemkab Jombang menyegerakan untuk membangun mal pelayanan publik. Dengan begitu masyarakat akan termudahkan mendapatkan layanan yang berbagai ragam dalam satu tempat.

"Syukur-syukur kalau imigrasi bisa setuju dan turut bisa menyediakan layanan. Maka warga Jombang akan sangat terbantu. Pola-pola untuk mendekatkan layanan publik memang harus dikedepankan," tegasnya.

Sementara itu, Bupati Jombang Mundjidah Wabah mengatakan bahwa program ini sengaja digagas untuk membuat masyarakat termanjakan akan adanya pelayanan pemerintah.

Program Bulaga dengan Bupati dan Wali Kota berkantor di desa ini juga dilengkapi dengan sarahsehan atau diskusi terbuka antara masyarakat dengan pemkab.

"Dengan ngantor ke desa seperti ini, kami juga bisa memanfaatkan untuk sosialisasi program. Karena, sebenarnya ini menjadi sarana penghubung kami dengan masyarakat. Kegiatan ini rutin kami lakukan per dua bulan keliling dari satu desa ke desa yang lain," pungkas Mundjidah.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved