Berita Pamekasan

Dindik Pamekasan Anggarakan Rp 100 Juta untuk Program Pengentasan Buta Aksara, Ini Alasannya

Dindik Pamekasan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 100 juta khusus 20 kelompok buta aksara

kus
Prama Jaya 

SURYA.co.id | PAMEKASAN - Dinas Pendidikan (Dindik) Pamekasan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 100 juta khusus 20 kelompok buta aksara yang berada di wilayah setempat. Alokasi anggaran sebanyak itu, sebagai upaya pengentasan problem baca tulis di wilayah Pamekasan.

Plt Kepala Dindik Pamekasan, Prama Jaya mengatakan, anggaran Rp 100 juta tersebut merupakan progam yang sudah dijalankan beberapa tahun lalu. Bahkan, besaran anggaran tahun ini, kata dia, tidak ada bedanya dengan anggaran tahun 2019.

Prama juga mengungkapan, program tersebut tepat direalisasikan sebagai upaya pemerintah untuk pengentasan orang tidak bisa membaca dan menulis.

“Program itu masih berlangsung sebagai upaya untuk gerakan masyarakat atau penduduk yang tidak bisa baca tulis,” kata Prama kepada TribunMadura.com, Rabu (19/2/2020).

Selain itu, Prama juga mengemukakan, meskipun program pengentasan masyarakat buta huruf sudah tidak lagi menjadi program prioritas dari kementerian, namun pihaknya tetap terus melanjutkan program itu agar persoalan buta aksara di wilayah Pamekasan bisa terselesaikan.

“Program ini tetap jalan meskipun tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Prama mengungkapkan, anggaran untuk program yang hanya bertempat di wilayah pantura tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020.

Anggaran itu diberikan kepada sebanyak 20 kelompok buta aksara dengan masing-masing kelompok berjumlah 10 orang.

Dia berharap, untuk kelompok buta aksara di Kabupaten Pamekasan, bisa ditekan dengan adanya program yang telah dicanangkan pihaknya selama tiga tahun terakhir.

“Melalui membaca bisa membuka jendela informasi,” harapnya.

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved