Pilkada Jember 2020

Pilkada Jember 2020, KPU Siap Menerima Pendaftaran Dua Bakal Calon Dari Jalur Perseorangan

Kedua Bacalon itu adalah pasangan AW Djamin - Asiruddin (Djamas), dan Faida - Dwi Arya Nugraha oktavianto (Faida-Vian).

Pilkada Jember 2020, KPU Siap Menerima Pendaftaran Dua Bakal Calon Dari Jalur Perseorangan
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Ketua KPU Jember, M Syai'in saat membuka sosialiasi tahapan Pilkada Jember 2020. Saat ini KPU Jember sudah membuka pendaftaran bakal pasangan calon dari jalur perseorangan 

SURYA.co.id | JEMBER - Dua bakal pasangan calon kepala daerah dari jalur perseorangan mengambil nama pengguna atau username Sistem Informasi Pencalinan (Silon) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember.

Kedua Bacalon itu adalah pasangan AW Djamin - Asiruddin (Djamas), dan Faida - Dwi Arya Nugraha oktavianto (Faida-Vian).

Hingga H-1 masa penyerahan berkas Bacalon jalur perseorangan, dua LO (Liaison officer) dari dua Bacalon itulah yang meminta nama pengguna Silon ke KPU Jember. Pihak KPU Jember juga sudah bertemu dengan LO kedua Bacalon itu untuk pengisian data ke Silon, serta penyerahan berkas Bacalon jalur perseorangan.

Berdasarkan jadwal yang sudah ditetapkan oleh KPU RI, masa penyerahan berkas Bacalon jalur perseorangan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 adalah 19 - 23 Februari 2020.

"Sampai hari ini, ada dua bakal calon jalur perseorangan yang mengambil username Silon. Tentunya yang mengambilkan LO mereka. Satu pasangan Djamas, dan satunya petahana," ujar Komisioner KPU Jember, Andy Wasis kepada Surya, Selasa (18/2/2020).

Petahana yang dimaksud Andy adalah Bupati Jember saat ini Faida. Dia maju melalui jalur perseorangan berpasangan dengan Vian, seorang pengusaha muda di Jember. Faida tidak lagi bergandengan dengan Wakil Bupati Jember Abdul Muqit Arief, karena Muqit menyatakan tidak mau berkontestasi di Pilkada lagi.

Kedua Bacalon kepala daerah dari jalur perseorangan yang sudah meminta nama pengguna Silon memiliki waktu lima hari untuk menyerahkan berkas pendaftaran. Berkas pendaftaran calon kepala daerah dari jalur non partai politik itu antara lain bukti pemenuhan syarat minimal dukungan, juga fotokopi KTP pendukung.

Data dukungan, kata Andy, bisa dimasukkan secara online di Silon. Syarat minimal dukungan untuk calon non Parpol di Jember adalah 121.127 orang, yang tersebar di 50 persen kecamatan di Kabupaten Jember. Kabupaten Jember memiliki 31 kecamatan, artinya dukungan itu harus tersebar di 16 kecamatan se-Jember.

Penyerahan berkas pendaftaran itu bisa dilakukan di jam kerja mulai pukul 08.00 Wib. "Kalau untuk hari pertama penyerahan berkas pendaftaran besok, belum ada yang konfirmasi ke kami apakah ada yang akan datang besok," imbuh Andy.

Setelah masa pendaftaran selesai, KPU Jember melakukan verifikasi administrasi berkas pendaftar. Sedangkan untuk verifikasi faktual akan dilakukan setelah Panitia Pemungutan Suara (PPS) terbentuk pada Maret mendatang.

Kabupaten Jember termasuk satu dari 19 kabupaten dan kota di Jawa Timur yang bakal menggelar Pilkada serentak 2020. Pemungutan suara Pilkada 2020 bakal digelar pada September 2020.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved