citizen reporter

Peraturan Berubah, Guru Berbenah Menyiapkan Ujian Sekolah

Peraturan berubah dan sekolah harus segera berbenah. Perubahan itu membuat para guru belajar dengan cepat agar ujian sekolah lancar.

Peraturan Berubah, Guru Berbenah Menyiapkan Ujian Sekolah
citizen reporter/Sunnah Faridah
Guru kelas VI KKG Gugus 02 Kecamatan Gedangan, Sidoarjo menyiapkan portofolio untuk ujian sekolah.

Diseminasi penyusunan penilaian portofolio dan penugasan menjadi salah satu cara menyiapkan ujian sekolah 2020. Diseminasi diikuti oleh guru kelas VI KKG Gugus 02 Kecamatan Gedangan, Sidoarjo.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari pada Selasa-Rabu (11-12/2/2020) bertempat di SDN Tebel. Peserta mengikuti kegiatan dengan antusias. Rata-rata usia peserta masuk usia senior yang 2-3 tahun lagi purnatugas. Semangat peserta untuk mencari ilmu dan pemahaman tentang hal yang baru patut diapresiasi.

Diseminasi yang dimandegani tim yang terdiri atas tiga guru kelas 6 di Gugus 02 Kecamatan Gedangan, yakni Sunnah Faridah, Lailatul Badriyah, dan Ariyani Purwaningsih.

Tim sebelumnya dikirim untuk mengikuti workshop penyusunan penilaian portofolio dan penugasan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo.

Peserta bersemangat menyelesaikan tugas yang diberikan oleh tim. Materi dari tim ditindaklanjuti dengan pengerjaan tugas oleh peserta.

Diskusi kelompok juga tampak aktif. Itu dibuktikan dengan hasil tugas yang sesuai dengan harapan tim narasumber. Presentasi kelompok ditanggapi dengan komunikatif.

Pelaksanaan ujian sekolah jenjang SD pada 2020 mengalami perubahan. Perubahan dari ujian sekolah berstandar nasional menjadi ujian sekolah. Menurut Permendikbud No 43 Tahun 2019, ujian sekolah diselenggarakan oleh satuan pendidikan. Bentuk ujian sekolah berstandar nasional terpusat pada bentuk tes tertulis.

Bentuk penilaian pada ujian sekolah pada 2020 terdiri atas empat penilaian, meliputi penilaian portofolio, penugasan, tes tertulis, dan bentuk penilaian yang lain. Khusus bentuk penilaian yang lainnya, Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo menetapkan penilaian survey karakter.

Meskipun bentuk penilaian atau bentuk ujian sekolah berbeda dengan tahun kemarin, guru kelas VI yang tergabung dalam KKG Kelas VI Gugus 02 tidak resah. Mereka bersemangat untuk menciptakan generasi penerus bangsa. Salah seorang guru, Nining dari SDN Punggul1 bertutur, “Alhamdulillah, saya lebih paham dengan penilaian ujian sekolah, dengan mengikuti diseminasi ini.”

Sunnah Faridah
Guru SD Negeri Punggul 2
Kecamatan Gedangan, Sidoarjo
mayfirdaw14@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved