Berita Kediri

Pembebasan Lahan Bandara Kediri, 20 KK Pilih Konsinyasi

Pembebasan lahan untuk Bandara Kediri masih menyisakan lahan 2,36 hektare.

istimewa/dok pribadi
Bangunan eks gedung sekolah yang lokasinya terdampak pembangunan Bandara Kediri di Desa/Kecamatan Grogol tinggal menyisakan kerangka bangunan. 

SURYA.co.id | KEDIRI - Pembebasan lahan untuk  Bandara Kediri masih menyisakan lahan 2,36 hektare. Sesuai rencana pembebasan lahan bakal dilakukan dengan sistem konsinyasi.

Informasi yang dihimpun Surya, dari berita acara hasil rapat koordinasi pembahasan sisa lahan pembebasan sampai 31 Januari 2020 ada dua desa belum berhasil dibebaskan seluruhnya. Kedua desa yang belum berhasil dibebaskan masing-masing Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan dan Desa/Kecamatan Grogol.

Lahan yang belum berhasil dibebaskan milik 20 KK dengan luas 2,36 hektar3. Lahan yang belum berhasil dibebaskan tersebar di blok 10, 11, 37 dan 35.

Sejumlah pemilik lahan menyebutkan akan terus bertahan meski pembebasan lahan memakai mekanisme konsinyasi.

Pemilik lahan ini tetap minta harganya Rp 15 juta per ru serta menolak tawaran harga Rp 10 jutaan per ru.

Sementara dari hasil rapat gabungan yang melibatkan Bappeda, BPKAD, BPN, Camat Grogol dan Tarokan serta PT Surya Dhoho Investama (SDI) telah menyepakati harga tanah tidak akan naik setelah batas akhir 31 Januari 2020 dan petugas tidak ada lagi yang ke lapangan.

Selain itu telah dibuatkan surat pernyataan dari pemilik dilengkapi dengan saksi-saksi yang isinya petugas pada 31 Januari 2020 pukul 22.30 WIB pemilik tanah untuk menandatangani surat pernyataan tidak melakukan transaksi normal dan memilih kpnsinyasi.

Selain itu dibuatkan surat oleh PT SDI yang ditujukan kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang/ BPN dengan tembusan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi terkait masih adanya sisa lahan untuk mrndapatkan kebijakan.

Sementara Kades Grogol Suparyono saat dikonfirmasi membenarkan masih ada warganya yang belum bersedia melepaskan lahannya karena belum ada kesepakatan harga.

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat berkunjung ke Kediri memastikan bandara Kediri bakal segera dibangun.

"Lahan hampir semuanya sudah dibebaskan tinggal sekitar 3 hektar. Itupun bukan di run way," jelasnya.

Budi Karya Sumadi juga memastikan pembangunan bandara dilakukan tahun ini karena semuanya telah memenuhi syarat.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved