Pilwali Surabaya 2020

KPU Surabaya Butuh 462 Personel PPS di Pilwali Surabaya 2020

KPU Surabaya memulai proses seleksi terhadap Penyelenggara Pemungutan Suara (PPS). Di Surabaya, jumlah tenaga PPS yang dibutuhkan mencapai 462 petugas

KPU Surabaya Butuh 462 Personel PPS di Pilwali Surabaya 2020
surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya menunjukkan soal jelang pelaksanaan tes tulis bagi calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Surabaya, Kamis (30/1/2020) di Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya memulai proses seleksi terhadap Penyelenggara Pemungutan Suara (PPS). Di Surabaya, jumlah tenaga PPS yang dibutuhkan mencapai 462 petugas.

Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Hukum dan Pengawasan, Soeprayitno, jumlah tersebut dari akumulasi petugas di 154 kelurahan se-Surabaya. "Untuk tiap kelurahan, kami membutuhkan tiga petugas," kata Soeprayitno kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Selasa (18/2/2020).

Proses rekruitmen telah dibuka pada 18-24 Februari. "Jumlah pendaftar idealnya dua kali dari yang dibutuhkan," tambah mantan Relawan Pemantau Pemilu dari sejumlah organisasi ini.

Komisioner KPU Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan partisipasi Masyarakat (Parmas), Subairi, menambahkan bahwa ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi para pendaftar. Di antaranya, tidak pernah menjadi anggota partai politik.

"Termasuk tidak menjadi tim kampanye peserta pemilu. Ini dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah," urai Bairi ketika dikonfirmasi terpisah.

Tak hanya terlibat dengan peserta pemilu, calon PPS juga bukan penyelenggara pemilu di dua periode jabatan yang sama. Baik sebagai Anggota PPK, PPS, dan KPPS.

Yang tidak kalah penting, juga harus berdomisili di wilayah kerja PPS. "Juga, tidak sedang dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu," terangnya.

Nantinya, seluruh berkas pendaftaran dapat diserahkan ke kantor KPU Surabaya. KPU Surabaya pun telah menyiapkan laman website dan kontak WhatsApp yang dapat dihubungi para pendaftar.

Rencananya, proses pendaftaran hingga akhirnya kandidat PPS dilantik akan berlangsung selama satu bulan. "Rencananya, pelantikan akan dilakukan pada akhir Maret mendatang," kata Bairi.

Para petugas PPS akan bekerja baik sebelum, saat, hingga pasca pemungutan suara. "Sedangkan lama pekerjaan para petugas PPS selama 8 bulan. Terhitung, sejak mereka dihitung," lanjutnya.

Sebelumnya, KPU Surabaya juga telah menyeleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Surabaya untuk pemilihan Walikota Surabaya. Pada proses pendaftaran tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sempat mencoret para calon yang terindikasi sebagai mantan Tim Sukses (timses) Calon Legislatif (Caleg) dari sejumlah partai politik di Pemilu 2019 lalu.

Sebanyak 668 orang yang menyerahkan berkas administrasi, sedangkan hanya 583 yang dinyatakan lolos ke tahapan berikutnya. Jumlah tak lolos administrasi mencapai 85 orang.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved