Pilkada Sumenep 2020

KPU akan Buka Penyerahan Dokumen Calon Independen Pilkada Sumenep 2020, Waktunya Cuma 5 Hari

KPU Sumenep akan mulai membuka penyerahan dokumen persyaratan dukungan untuk calon independen

Ali Hafidz Syahbana/TribunMadura.com
Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi Tanziel 

SURYA.co.id | SUMENEP - KPU Sumenep akan mulai membuka penyerahan dokumen persyaratan dukungan untuk calon independen bupati dan wakil bupati Pilkada Sumenep 2020. Penyerahan dokumen calon perseorangan itu dibuka selama lima hari, yakni pada 19-23 Februari.

"Batas akhir penyerahan 23 Februari hingga pukul 24.00 WIB," kata Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi Tanziel, Selasa (18/2/2020).

Rafiqi menuturkan ada potensi terdapat calon perseorangan di Pilkada Sumenep tahun ini. Meskipun sampai sekarang belum ada yang meminta user name dan pasword sebagai pintu masuk input syarat calon perseorangan, tapi sudah ada tiga orang berkoordinasi ke kantor KPU Sumenep.

"Belum ada yang mendaftar, tapi ada tiga orang yang datang ke sini untuk menanyakan persyaratan perseorangan itu," katanya.

Dari salah satu tim sukses yang berkoordinasi ke kantor KPU Sumenep mengaku sudah memiliki banyak tim IT yang siap memasukkan data dukungan.

"Jadi, masih sangat mungkin adanya calon perseorangan itu," terangnya.

Rafiqi menerangkan administratif calon perseorangan harus mendapatkan dukungan minimal 65.458 foto copy e-KTP atau setara dengan 7,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu terakhir.

"DPT nya 872.764," ucapnya.

Persyaratan dukungan itu katanya, harus tersebar di 14 kecamatan dari 27 kecamatan yang ada di Sumenep.

"Soal jumlah per kecamatan tidak ada ketentuan, misalnya Kecamatan Kota 25 ribu dan kecamatan lainnya hanya 5 foto copy e-KTP tidak masalah. Yang penting sesuai target yang ditentukan," terangnya.

Penulis: Ali Hafidz Syahbana
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved